Untuk saat ini kami masih elakukan pendinginan di beberapa titik kebakaran, untuk memastikan api benar-benar sudah padam
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi mengerahkan tim medis ke lokasi terjadinya kebakaran di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cikundul, Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu, (22/10).

"Selain mengerahkan relawan untuk membantu petugas pemadam kebakaran dalam memadamkan api yang membakar TPA Cikundul, kami juga menugaskan tim medis khawatir kebakaran ini berdampak kepada masyarakat sekitar," kata Staf Penanggulangan Bencana PMI Kota Sukabumi Dinar Muhammad Januarto di Sukabumi, Minggu.

Baca juga: Kebakaran landa TPA Cikundul Sukabumi

Menurut Dinar, dalam upaya membantu petugas pemadam kebakaran dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kota Sukabumi untuk penanganan kebakaran di TPA yang berada di Kampung Saluyu, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu ini pihaknya juga menurunkan satu unit truk tanki untuk membantu suplai air ke kendaraan pemadam kebakaran.

Tim medis dari PMI Kota Sukabumi dalam melakukan tugasnya juga berkoordinasi dengan petugas Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dengan melakukan penyisiran terhadap permukiman warga yang terdampak kepulan asap yang berasal dari lokasi kebakaran. Kemudian juga untuk membantu petugas gabungan yang tengah memadamkan api antisipasi ada yang cedera.

Baca juga: BPBD catat sejumlah kendaraan terbakar di TPA Rawa Kucing

Hingga saat ini, personelnya masih bersiaga di lokasi kejadian untuk memantau kondisi api, khawatir pasca-pemadaman api kembali muncul dan membesar serta merambat ke permukiman warga yang berada di sekitar TPA Cikundul.

"Untuk saat ini kami masih melakukan pendinginan di beberapa titik kebakaran, untuk memastikan api benar-benar sudah padam," tambahnya.

Sementara, Kepala Seksi Pencegahan, Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi, Dadi Kusmawandi mengatakan tidak ada korban pada peristiwa kebakaran TPA Cikundul dan untuk luas lahan penampungan sampah yang terbakar sekitar setengah hektare. Kemudian penyebab kejadian ini masih dalam penyelidikan.

Baca juga: 113 orang telah dievakuasi dampak asap pekat kebakaran TPA Rawakucing

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023