Petugas gabungan hingga kini masih berada di lokasi untuk memadamkan api yang membakar gunungan sampah di TPA yang berada di RT 05/07 Kelurahan Situmekar Kecamatan Lembursitu
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikundul yang berlokasi di Kampung Saluyu, Kota Sukabumi, Jawa Barat kebakaran pada Minggu, (22/10) yang hingga pukul 20.00 WIB api masih menyala.

"Petugas gabungan hingga kini masih berada di lokasi untuk memadamkan api yang membakar gunungan sampah di TPA yang berada di RT 05/07 Kelurahan Situmekar Kecamatan Lembursitu," kata Kepala Seksi Pencegahan, Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi Dadi Kusmawandi di Sukabumi, Minggu.

Baca juga: BPBD catat sejumlah kendaraan terbakar di TPA Rawa Kucing

Informasi yang dihimpun dari petugas damkar dan warga sekitar api mulai berkobar sekitar pukul 13.00 WIB yang kemudian membesar. Warga yang melihat kejadian itu langsung melaporkan kejadian ini kepada pihak Polsek Lembursitu yang tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Tidak lama dua unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi dan satu unit Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi tiba di lokasi untuk memadamkan api yang semakin membesar. Sehingga dua unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Sukabumi diperbantukan untuk memadamkan api.

Kebakaran TPA ini bertepatan saat turun hujan deras. Meskipun air hujan mengguyur lokasi kejadian tetapi api sulit dipadamkan, bahkan petugas gabungan dari Dinas Satpol PP Sukabumi dan Damkar Sukabumi  serta Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi harus berjibaku untuk memadamkan api.

Baca juga: 113 orang telah dievakuasi dampak asap pekat kebakaran TPA Rawakucing

Namun karena kobaran api semakin besar, dua KR damkar lain pun ditambah dari Damkar Kabupaten Sukabumi, juga satu mobil bantuan air dari PMI Kabupaten Sukabumi.

"Di beberapa titik api sudah berhasil kami padamkan, namun masih ada bara yang menyala khawatir api kembali membesar dan merambat hingga permukiman warga sehingga petugas gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan pemadaman," tambahnya.

Dadi mengatakan sulitnya api dipadamkan karena di lokasi banyak barang yang mudah terbakar seperti plastik. Namun untuk penyebab kebakaran ini pihaknya belum mengetahui dan saat ini petugas dari Polsek Lembursitu dan Polres Sukabumi masih melakukan penyelidikan.

Adapun luas lahan TPA yang terbakar sekitar setengah hektare, tetapi kebakaran ini tidak sampai berdampak kepada bangunan ataupun permukiman warga yang berada di sekitar lokasi.

Baca juga: BNPB: Tim gabungan lokalisir kebakaran TPA Tlekung

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023