Tangerang (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyampaikan apresiasi terkait kecepatan penanganan kebakaran di TPA Rawa Kucing beberapa waktu lalu.

"Proses pemadaman kebakaran lahan di TPA Rawa Kucing tergolong cepat dan mendapat perhatian dari Kementerian LHK," kata Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar saat melakukan kunjungan kerja melihat kondisi TPA Rawa Kucing di Neglasari Tangerang, Banten, Rabu.

Menteri Siti Nurbaya Bakar menuturkan saat terjadi kebakaran di TPA Rawa Kucing Kota Tangerang, terdapat TPA lain yang juga mengalami kebakaran namun pemadamannya memakan waktu lebih lama.

"Sejak hari pertama langsung saya bantu koordinasikan ke Basarnas," katanya.

Baca juga: Baznas salurkan bantuan ke warga terdampak kebakaran TPA Rawa Kucing

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh KLHK dalam proses pemadaman kebakaran yang terjadi di TPA Rawa Kucing beberapa waktu lalu.

"Terima kasih sudah dibantu menerjunkan tim Manggala Agni yang sudah berpengalaman dalam memadamkan kebakaran," katanya.

Arief juga menceritakan kebakaran yang terjadi di TPA Rawa Kucing terjadi pada 80 persen dari total area TPA yang seluas 28,84 hektare serta proses pemadaman yang memakan waktu hingga 13 hari.

"Cepatnya proses pemadaman tak lepas dari peran berbagai pihak, tak hanya Pemda sekitar namun juga termasuk kementerian dan Basarnas," katanya.

Baca juga: KLHK perkuat integrasi pemerintah daerah untuk tangani kebakaran TPA
Baca juga: Pemkot Tangerang cabut status darurat kebakaran TPA Rawa Kucing

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023