Water bombing masih berlanjut untuk percepatan pendinginan. Progres hingga hari ini juga sangat signifikan. Mudah-mudahan secepatnya dapat segera selesai dan dapat dinyatakan status TPA Rawa Kucing hijau atau aman
Tangerang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Banten, menyebutkan pantauan udara dari tim helikopter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperlihatkan titik api yang besar sudah tidak terlihat di TPA Rawa Kucing.

"Water bombing masih berlanjut untuk percepatan pendinginan. Progres hingga hari ini juga sangat signifikan. Mudah-mudahan secepatnya dapat segera selesai dan dapat dinyatakan status TPA Rawa Kucing hijau atau aman," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan di Tangerang Senin.

Ia mengatakan kondisi kebakaran di TPA Rawa Kucing sudah 90 persen kondusif dan terkendali. Pada Minggu (29/10) pukul 20.00 WIB, kata dia, sudah didapatkan laporan bahwa kondisi sudah dapat dikendalikan.

"Hari ini kami masih melakukan pendinginan dan pemantauan titik-titik yang masih ditemukan asap," kata Maryono.

Baca juga: KLHK injeksikan air untuk padamkan kebakaran di TPA Rawa Kucing

Ia mengatakan petugas juga terus siaga memantau asap yang dapat menjadi pertanda adanya api. Kemudian water bombing  dan juga injeksi masih tetap berlanjut hingga hari ini untuk membantu percepatan pendinginan di TPA Rawa Kucing.

"Menurut pantauan udara dari tim helikopter BNPB bahwa titik api yang besar sudah tidak terlihat," kata Martono

Maryono juga berharap warga untuk menjaga kondusifitas dengan tidak membuang sampah sembarangan atau membuang puntung rokok yang dapat menyebabkan kebakaran.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang sudah turun tangan bersama memadamkan api di TPA Rawa Kucing," ujarnya.

Baca juga: Pemkot sebar pipa injeksi di 40 titik padamkan api di TPA Rawa Kucing
Baca juga: BNPB fokus hentikan penjalaran api di TPA Rawa Kucing 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023