Terima kasih kepada rekan satu tim yang sudah membantu saya merebut kembali Kaos Merah Putih. Memang butuh kerja keras untuk meraih hasil ini,"
Muaro Labuh (ANTARA News) - Aiman Cahyadi kembali merebut Kaos Merah Putih sebagai tanda pebalap Indonesia tercepat pada Tour de Singkarak (TdS) 2013 setelah sebelumnya digunakan oleh pebalap senior Tonton Susanto.

Keberhasilan pebalap Timnas Indonesia merebut Kaos Merah Putih (red and white jersey) seiring dengan hasil yang cukup siginifikan pada TdS etape lima dari Sawahlunto menuju Muaro Labuh, Kabupaten Solok Selatan, Kamis dengan jarak tempuh 138,5 km.

Meski tidak masuk dalam 10 besar pebalap yang finis terdepan, catatan waktu yang dibukukan oleh Aiman Cahyadi mampu mengontrok posisinya ke puncak klasemen pebalap Indonesia. Hingga etape lima Aiman mampu membukukan waktu 19.25.03.

Setelah Aiman disusul pebalap Timnas Indonesia lainnya Robin Manulang dengan waktu 19.25.41 dan Hari Fitrianto dari CCN Cycling Team dengan catatan waktu 19.25.55.

"Terima kasih kepada rekan satu tim yang sudah membantu saya merebut kembali Kaos Merah Putih. Memang butuh kerja keras untuk meraih hasil ini," kata Aiman Cahyadi usai perlombaan.

Timnas Indonesia pada Tour de Singkarak 2013 menurunkan tujuh pebalap yaitu Ryan Areihan, Rohmad Nugraha, Rastra Patria Dinawan, Robin Manulang, Bambang Suryadi, Aiman Cahyadi dan Fatahillah Abdullah. Namun, Ryan harus terhenti karena mengalami kecelakaan dietape tiga.

Dietape lima ini Timnas Indonesia juga mampu memperbaiki peringkatkan untuk kategori tim. Aiman Cahyadi dan kawan-kawan kembali keposisi tiga dengan catatan waktu 58.16.06.

Untuk posisi pertama diduduki oleh Tabriz Petrochemical Cycling Team (TPT) Iran dengan catatan waktu 57.35.48 dan posisi dua diduduki oleh Budget Forklifs Australia dengan catatan waktu 58.03.37.

"Yang jelas saya tidak akan lengah lagi seperti kemarin. Selain untuk menjadi yang terbaik untuk individu, saya juga akan membantu tim untuk mempertahankan posisi," kata pebalap dengan nomor start 103 itu.

Bagi pebalap dari Timnas Indonesia ini, posisi sebagai pemegang Koas Merah Putih belum sepenuhnya aman. Masih ada dua etape yang harus dijalani yaitu etape lima dari Padang Parimanan menuju Painan, Sabtu (8/6) dan dari Padang Parimana menuju Padang Circuit, Minggu (9/6).

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013