Para pejuang Palestina yang ingin meraih kemerdekaannya sebagai hak mereka sehingga tidak ada lagi penjajahan di muka bumi.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah elite dan kader partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan (PKS, PKB, dan Partai NasDem) menggelar doa bersama bagi keselamatan seluruh rakyat Palestina yang kini tengah berjuang merebut kemerdekaan dari Israel.

"Marilah semua yang hadir di sini baca doa untuk semua saudara-saudara kita yang ada di Palestina agar mampu meraih kemerdekaan dan diberikan keselamatan," kata Ketua Majelis Syura PKS Habib Salim Segaf Al-Jufri kepada seluruh peserta yang hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam yang juga bertepatan dengan Hari Santri Nasional di DPP PKS, Jakarta, Minggu malam.

Salim Segaf Al-Jufri mengatakan bahwa saat ini rakyat Palestina tengah memperjuangkan kemerdekaan dengan mengucurkan darah demi membentuk negara yang kuat dan memiliki rasa kesatuan dan persatuan, seperti halnya ketika Indonesia memperjuangkan hak untuk merdeka pada masa lalu.

"Para pejuang Palestina yang ingin meraih kemerdekaannya sebagai hak mereka sehingga tidak ada lagi penjajahan di muka bumi," ujarnya.

Seruan untuk kemerdekaan Palestina itu, menurut dia, sesuai dengan semangat UUD Negara RI Tahun 1945 yang dimiliki Indonesia, yaitu kemerdekaan adalah hak segala bangsa.

Konflik Jalur Gaza yang dibombardir dan diblokade Israel sejak 7 Oktober, bermula ketika kelompok perlawanan Palestina Hamas meluncurkan Operasi Banjir Al-Aqsa.

Operasi militer ini merupakan serangan mendadak dengan menggunakan roket dan penyusupan anggota Hamas ke dalam wilayah Israel lewat jalur darat, laut, dan udara.

Hamas berdalih serangan ini sebagai balasan atas serbuan Israel terhadap Masjidilaksa di wilayah pendudukan Yerusalem Timur dan kekerasan oleh pemukim Israel terhadap warga Palestina yang terus membesar.

Militer Israel kemudian melancarkan Operasi Pedang Besi untuk menyerang Hamas di Jalur Gaza.

Sedikitnya 4.385 warga Palestina, termasuk 1.756 anak, meninggal dunia akibat serangan Israel ke Gaza. Sebaliknya, lebih dari 1.400 warga Israel terbunuh sejak awal konflik ini.

Baca juga: Palestina klaim 26 mesjid di Jalur Gaza hancur diserang Israel
Baca juga: Yenny Wahid serukan solidaritas untuk Palestina saat Hari Santri


Pewarta: Cahya Sari
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023