Jakarta (ANTARA) - Pembalap Lewis Hamilton dan Charles Leclerc didiskualifikasi dari Grand Prix Amerika Serikat karena kedapatan melakukan pelanggaran teknis. yaitu papan bantalan selip lantai mobil mereka lebih tipis dari regulasi.

Seusai balapan di Austin, mobil Hamilton dan Leclerc diperiksa kemudian pelanggaran terlihat oleh tim Teknis FIA setelah pemeriksaan keausan papan dilakukan.

Dikutip dari laman resmi Formula 1, Senin, Laporan Delegasi menyatakan bahwa pelanggaran tersebut terletak di area -825 ≥ XR ≥ - 1025 ditemukan tidak sesuai dengan Pasal 3.5.9 e) dari Peraturan Teknis Formula Satu 2023.

Dengan demikian, kedua pembalap tersebut langsung dirujuk ke Steward. Sebelumnya, Hamilton berhasil finis di posisi kedua, setelah melakukan perlawanan sengit terhadap Max Verstappen yang berhasil menjadi juara balapan tersebut.

Hamilton baru saja mendapatkan peningkatan suku cadang mobil berupa lantai baru. Hal itu merupakan peningkatan besar terakhir Mercedes tahun ini di Austin.

Sementara itu, Leclerc melewati garis finis di urutan keenam, sepersekian detik di depan George Russell setelah menjalankan strategi yang kurang tepat.

Atas pelanggaran yang dilakukan Hamilton dan Leclerc, pihak perwakilan Mercedes dan Ferrari pun telah angkat bicara.

“Keausan tinggi pada bantalan selip mungkin merupakan hasil dari kombinasi unik dari trek bergelombang dan jadwal balapan Sprint yang meminimalkan waktu untuk mengatur dan memeriksa mobil sebelum balapan,” kata perwakilan dari Mercedes dan Ferrari.

Namun, Stewards mencatat bahwa tugas dari tiap kompetitor adalah memastikan mobilnya sesuai dengan regulasi yang berlaku di setiap waktu event.

“Pada kasus ini, papan lantai berada di luar ambang batas yang diurai dalam Pasal 3.5.9 e) dari Peraturan Teknis Formula Satu FIA, yang mencakup toleransi untuk keausan,” kata Stewards.

Diskualifikasi itu pun memindahkan Norris ke urutan kedua dan mempromosikan Carlos Sainz ke podium. Sementara, Sergio Perez pindah ke posisi keempat dan memperpanjang keunggulannya atas Hamilton dalam pertarungan untuk posisi kedua di kejuaraan pembalap.

Russell melompat dari ketujuh ke kelima, Pierre Gasly ke posisi enam dan Lance Stroll ke urutan tujuh. Yuki Tsunoda berada di urutan kedelapan, pembalap Jepang itu juga meraih poin bonus untuk lap tercepat di hari yang baik untuk AlphaTauri.

Hal tersebut juga berarti Williams berhasil mencetak poin dengan kedua mobil mereka yakni Alex Albon mewarisi tempat kesembilan dan Logan Sargeant meraih poin F1 pertamanya dengan P10.


Baca juga: Max Verstappen amankan kemenangan ke-50 F1 di GP Austin
Baca juga: Max Verstappen menangi Sprint Race Grand Prix AS
Baca juga: Charles Leclerc senang rebut pole position Formula 1 Amerika Serikat


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023