Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Sektor Tambora, Jakarta Barat dan Jakarta Utara serta Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara menyelamatkan pemuda 28 tahun berinisial ICA di Penjaringan, Jakarta Utara karena tertimpa pohon kedondong tumbang.

"Kurang lebih pukul 07.00 WIB, kami mendapat laporan pohon tumbang dan ada korban tergencet di bawah. Maka kami langsung menuju lokasi wilayah masuk penjaringan Jakarta Utara berkolaborasi Tambora dan Penjaringan dari Pertamanan," kata Kepala Sektor Tambora Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Joko Susilo, kepada wartawan di Jakarta Utara, Senin.

Proses evakuasi korban tertimpa pohon berlangsung dramatis, sekitar 10 orang petugas harus masuk ke dalam bangunan yang telah tertimpa pohon, lalu menggunakan alat untuk memindahkan tumpukan bangunan untuk mengeluarkan tubuh korban.

Evakuasi memakan waktu kurang lebih 20 menit, setelah itu korban berhasil dikeluarkan dengan selamat dan langsung dibawa ke rumah sakit terdekat guna mendapatkan perawatan karena korban mengalami luka-luka.

Menurut saksi di sekitar tempat kejadian, Maryati (50), pohon kedondong besar yang tumbang berusia puluhan tahun, sedangkan bangunan yang tertimpa adalah konter telepon seluler di Jalan Ekor Kuning, Penjaringan, Jakarta Utara. .

Adapun pohon kedondong berdiameter kurang lebih satu meter dengan tinggi meter tiba-tiba saja tumbang diduga karena bagian akar sudah tidak bisa menopang batang pohon lagi.

Baca juga: Warga Jakarta diminta proaktif lapor pohon potensi tumbang
Baca juga: Sudintamhut Jaksel sebut hujan angin sebabkan banyak pohon tumbang

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023