Medan (ANTARA) - PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan memberikan bantuan berupa pembangunan ruang seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (USU).

"Bantuan ini diharapkan meningkatkan proses belajar melalui penyediaan ruang seminar mahasiswa," ujar Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu di Medan, Sumatera Utara, Senin.

Dia mengatakan ruang seminar itu juga dapat dipergunakan untuk pelaksanaan diskusi secara modern guna mendukung hasil riset dan penelitian yang lebih baik.

Nixon menegaskan TJSL BTN memang fokus menyasar pada dunia pendidikan nasional.

Baca juga: Ekonom USU: Permendag 31/2023 dan PMK 96/2023 diiringi penegakan hukum

Baca juga: Ekonom USU minta pemerintah antisipasi dampak El Nino di masa depan


“Saya bangga bisa menjalankan kerja sama dengan USU untuk lebih baik lagi. Ini juga bagian dari proses transformasi dan TJSL lebih efektif ke dana pendidikan karena negara ini butuh pendidikan lebih baik,” katanya.

Ia mengatakan kerja sama Bank BTN dengan USU sudah banyak dilakukan, tapi perseroan berharap terus menjalin kerja sama yang lebih intens lagi baik dalam pengelolaan dana maupun penyaluran kredit.

Nixon memandang potensi pengelolaan dana dan penyaluran kredit kepada civitas akademika USU sangat besar. Dia mengatakan saat ini USU memiliki 15 fakultas dan program pascasarjana, dengan 44.000 mahasiswa serta 1.582 dosen pengajar.

“Saat ini Bank BTN telah bekerja sama dengan delapan Fakultas, untuk pembayaran gaji (payroll) pegawai non-PNS dan pembayaran SPP mahasiswa. Tidak hanya itu, kami juga kerja sama payroll dengan Rumah Sakit USU,” ucapnya.

Transformasi yang dilakukan perseroan telah berhasil meningkatkan pelayanan kepada nasabah, sehingga Bank BTN makin optimistis dalam memperluas ekspansi bisnis ke berbagai daerah, salah satunya Sumatera Utara.

Sementara itu, Rektor USU Prof Muryanto Amin menyambut baik atas perhatian Bank BTN terhadap pembangunan sarana dan prasarana pendidikan di USU.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bank BTN atas bantuannya. Kami akan mempergunakan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa,” ujarnya.*

Baca juga: Pengamat ekonomi USU prediksi harga beras akan kembali normal

Baca juga: USU jalin kerja sama dengan Chiba University of Commerce Jepang

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023