Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) Leadership Development Center (LDC) siap menggelar seminar dan konferensi bertema “Indonesia Women Leaders’ Forum (IWLF)” (30 November-1 Desember 2023) di Assembly Hall Menara Mandiri, Jakarta.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Amelita Lusia di Depok, Selasa, mengatakan tujuan kegiatan IWLF 2023 memperkuat wawasan kepemimpinan para perempuan Indonesia dan memberikan pandangan tantangan pada masa mendatang. 

Selain, kata dia, membahas tentang cara para perempuan dengan segala karakteristik, kekuatan, dan keunikannya, dapat menjadi agen perubahan dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

IWLF 2023 menghadirkan narasumber berkompeten dan berpengalaman dari bidang perbankan, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), praktisi, akademisi, perasuransian, industri kreatif, dan lainnya.

Informasi lebih detail terkait dengan kegiatan itu dapat dilihat di uicorpora.com atau LinkedIn UI Leadership Development Center.

Pada kegiatan terdahulu, UI LDC melaksanakan pelatihan publik bertajuk “Leading with Impact” (20-21 September 2023).

"Pelatihan tersebut membahas tentang cara mempersiapkan diri sebagai seorang pemimpin yang berpengaruh dan berdampak bagi para anggotanya," katanya.

Baca juga: Kementerian PPPA latih kader perempuan pemimpin mulai dari desa

Topik-topik menarik yang dibahas dalam pelatihan saat itu, di antaranya memahami kehadiran eksekutif, cara berkomunikasi secara efektif, cara bersikap dan kepercayaan diri sebagai pemimpin, cara menjadi pemimpin yang representif dan menjadi citra positif untuk organisasi, serta menjadi pemimpin yang tangguh dan mengayomi lingkungan yang beragam.

Topik-topik tersebut disampaikan oleh mereka yang berkompeten dan berpengalaman di bidang masing-masing, seperti Hamdi Hassyarbaini (CEO of Bitwewe Indonesia), Tya Adhitama (Founder & Executive Coach of Navigadhi Indonesia), Agung Laksamana (EVP Government Relations, External Affairs & Corporate Communication of Freeport Indonesia), Amelita Lusia (Chief of Public Relations & Public Information Disclosure Bureau of Universitas Indonesia), dan Ferlita Sari (Leadership & Executive Coach).

Universitas Indonesia Leadership Development Center menyediakan program-program yang menunjang kompetensi para pimpinan organisasi/perusahaan dalam bentuk pelatihan publik dengan tajuk "Leadership Development Series".

Pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi serta agenda seminar dan konferensi tahunan, yaitu "Indonesia Leadership Forum" dan "Indonesia Women Leaders’ Forum".

Pembahasan tentang topik kepemimpinan ini merupakan spesialisasi dari UI LDC lewat pelatihan yang mereka selenggarakan secara kontinyu sepanjang tahun.

Universitas Indonesia Leadership Development Center adalah lembaga pelatihan kepemimpinan yang ditujukan bagi para eksekutif. Ia bersifat non-gelar di bawah naungan Daya Makara UI, satu unit kerja khusus milik UI.

Baca juga: Kowani-Lemhanas kerja sama tingkatkan kapasitas kepemimpinan perempuan
Baca juga: Kongres Nasional Perempuan usulkan syarat pengembangan kepemimpinan
Baca juga: BRIN meriset inovasi kepemimpinan perempuan pada lima wilayah

Pewarta: Feru Lantara
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023