Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menekankan kerja sama organisasi perempuan harus diperkuat untuk memastikan kesetaraan dalam mengakses pendidikan hingga kesehatan.

Dalam pembukaan Asean Confederation Of Woman’s Organization (Acwo) Forum And Expo 2023 di Jakarta, Selasa, Wapres mengatakan perempuan dapat berkontribusi dengan cara saling bertukar pengetahuan, pemikiran dan pengalaman serta memperkuat persahabatan melalui wadah organisasi forum.

"Kerja sama juga mesti diperkuat untuk memastikan kesetaraan akses yang dimiliki perempuan terhadap pendidikan, kesempatan bekerja dan berusaha, maupun fasilitas kesehatan," kata Wapres saat memberikan sambutan secara virtual dalam ACWO Forum and Expo Jakarta.

Menurut Wapres, perempuan yang mendominasi populasi ASEAN memegang peran penting dalam memajukan dan menyejahterakan negara anggota ASEAN dan di kawasan ASEAN.

Baca juga: Kowani dorong organisasi perempuan berkontribusi jaga keutuhan bangsa

Baca juga: Penguatan kelembagaan salah satu prioritas Komnas Perempuan di 2023


Dalam forum yang diselenggarakan oleh KOWANI tersebut, Wapres memberikan apresiasi atas konsistensi dalam memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan perempuan, mengingat organisasi perempuan adalah mitra penting pemerintah dalam menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan secara berkelanjutan di kawasan dan di dunia.

Wapres menilai perempuan berada di garda terdepan dalam pengarusutamaan isu-isu keadilan gender, serta implementasi kebijakan terkait pemberdayaan ekonomi perempuan, pembangunan yang inklusif, serta partisipasi politik dan kepemimpinan, baik di tingkat nasional, maupun di ASEAN.

Di samping itu, Wapres menilai kemajuan perempuan merupakan hal yang vital. Ketangguhan perempuan saat pandemi COVID-19 dinilai menjadi penggerak roda perekonomian melalui usaha mikro, kecil dan menengah. Selain itu, perempuan merupakan kunci pembangunan keluarga.

"Perempuan merawat keluarga yang merupakan pondasi bagi terbangunnya masyarakat ASEAN yang kokoh. Kaum perempuan juga memainkan peran kunci dalam mengajarkan dan menebarkan nilai-nilai moderasi kepada generasi muda, yang dimulai dari keluarga," kata Wapres Ma'ruf.

Menutup sambutannya, Wapres secara resmi membuka Forum dan Ekspo Konfederasi Organisasi Perempuan ASEAN tahun 2023 dan berharap kegiatan tersebut dapat memberikan banyak manfaat bagi perempuan di ASEAN.

Hadir pula dalam acara tersebut Duta Besar Negara ASEAN dan negara-negara sahabat, menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo, Ketua Panitia ACWO Forum & Expo sekaligus Ketua Kowani Hadriani Uli Silalahi, Perwakilan Organisasi Perempuan di Indonesia, ASEAN dan W20 (Women Twenty), serta para delegasi.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023