Semoga beliau husnul khatimah (baik akhirnya), diampuni semua kesalahannya, diterima segala amal kebajikannya"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saefuddin menegaskan almarhum Taufiq Kiemas semasa hidupnya dikenal sebagai tokoh yang amat gandrung atas persatuan bangsa dan terus mencari kompromi dalam menghadapi berbagai konflik.

"Beliau amat gandrung dengan persatuan kita sebagai bangsa. Beliau selalu berupaya untuk mencari kompromi dalam menghadapi berbagai konflik atau silang pendapat yang dihadapi," kata Lukman Hakim di Jakarta, Sabtu.

Lukman melihat suami Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri itu sebagai sosok kebapakan yang selalu berupaya mengayomi semua pihak.

"Kita semua kehilangan sosok kebapakan yang amat mengayomi kita semua," kata Lukman.

Lukman juga menyebut Taufiq Kiemas sangat dekat dengan hampir semua tokoh politik dari berbagai partai politik di negeri ini.

Lukman berbela sungkawa untuk keluarga almarhum yang ditinggalkan dan berharap seluruh keluarga besar almarhum tabah dan sabar.

"Semoga beliau husnul khatimah (baik akhirnya), diampuni semua kesalahannya, diterima segala amal kebajikannya," kata Lukman.

Ketua DPP PDIP Bidang Hukum Trimedya Pandjaitan menyampaikan bahwa Taufiq meninggal dunia di Singapura karena menderita penyakit jantung.

Pewarta: Jaka Suryo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013