Sebagai badan usaha milik negara yang bernaung di bawah Pertamina, PGEO memiliki peran strategis dalam mendukung diversifikasi sumber energi dan keberlanjutannya di negara ini
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Amin mengatakan Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) memegang peran penting dalam menyediakan energi bersih dan ramah lingkungan di Indonesia.

"Sebagai badan usaha milik negara yang bernaung di bawah Pertamina, PGEO memiliki peran strategis dalam mendukung diversifikasi sumber energi dan keberlanjutannya di negara ini," ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Dikatakannya, PGEO memiliki kapasitas terpasang sebanyak 672 MW secara independen dan 1.205 MW melalui Joint Operation Contract (JOC) dari 15 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) yang terbagi menjadi 6 area operasi.

Selain itu, PGEO memiliki cakupan area operasi yang mencakup 13 wilayah kerja, termasuk Kamojang, Karaha, Lahendong, dan lainnya.

Amin menegaskan bahwa PGEO memiliki sumber daya yang memadai untuk berperan penting dalam menyediakan energi bersih dan ramah lingkungan di Indonesia.

Selain memberikan pasokan energi bersih, lanjutnya, PGEO juga berkontribusi dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dengan menggantikan sumber energi konvensional.

Wakil rakyat dari Dapil Jatim IV itu berharap PGEO meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, lembaga penelitian, universitas, dan mitra industri, untuk mendorong inovasi dan pengembangan industri energi panas bumi yang lebih kuat.

“PGEO juga harus berani berinvestasi dalam teknologi energi panas bumi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas,” katanya.

Selain itu, juga berperan aktif dalam memberikan program pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan tenaga kerja terampil di bidang energi panas bumi.

Amin mengingatkan agar perusahaan ini juga memperhatikan aspek lingkungan dan sosial dengan melibatkan komunitas lokal, melestarikan lingkungan, dan mengelola sumber daya alam secara bertanggung jawab.

Baca juga: Anggota DPR: PGEO punya peran strategis soal energi berkelanjutan RI
Baca juga: Anggota DPR harap PGE jadi motor penggerak transformasi energi bersih
Baca juga: Pertamina Geothermal Energy siap ekspansi bisnis secara global

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023