Jakarta (ANTARA) - Indonesia Air Asia mendukung rencana pemerintah Indonesia menjadikan Bandara Internasional Kertajati sebagai gerbang utama konektivitas penerbangan untuk kawasan Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Cimahi, Sumedang dan sekitarnya dan kawasan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan).

Dukungan pemindahan sepenuhnya layanan maskapai dari Bandara Husein Sastranegara (BDO) ke Bandara Internasional Kertajati (KJT) diwujudkan dengan menghadirkan penerbangan dari Kertajati ke Denpasar (pp) pada peresmian dimulainya operasi penuh Bandara Internasional Kertajati pada 29 Oktober mendatang.

“Setelah Kuala Lumpur, kami akan kembali menjadi maskapai pertama yang melayani rute Denpasar dari Bandara Internasional Kertajati pada 29 Oktober nanti. Ini menjadi bukti komitmen kami dalam mendukung pemerintah memajukan konektivitas udara dari Kertajati,” ujar Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine Sinaga dalam siaran resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dukungan nyata dalam pengembangan Bandara Internasional Kertajati, lanjut dia, telah dimulai sejak 17 Mei 2023 lalu, yakni dengan menghubungkan rute internasional ke Kuala Lumpur dari Kertajati. Bahkan, dia mengklaim maskapai penerbangan berbiaya rendah ini mencatat tingkat keterisian pesawat mencapai 70 persen pada penerbangan perdananya.

“Untuk penerbangan perdana, angka ini cukup besar dan membuktikan animo positif yang tinggi dari masyarakat. Hal ini jugalah yang semakin memotivasi semangat kami untuk lebih kuat lagi mempromosikan penerbangan dari dan ke Kertajati,” ujarnya.

Adapun penerbangan maskapai AirAsia dari dan ke Kertajati melayani jadwal penerbangan rute domestik setiap hari dari Kertajati menuju Denpasar dengan waktu keberangkatan 08.15 dan waktu tiba 10.55. Dan jadwal sebaliknya dari Denpasar-Kertajati pada pukul 07.00 serta waktu tiba pukul 07.50/.

Sementara untuk rute internasional Kertajati-Kuala Lumpur, pesawat akan diberangkatkan setiap rabu dan minggu pada pukul 10.50 dengan waktu tiba 14.05. Serta rute Kuala Lumpur – Kertajati yang diberangkatkan pukul 09.05 dengan waktu tiba 10.20 dan jadwal penerbangan setiap hari rabu dan minggu.

Melalui rute penerbangan ini, diharapkan mampu membuka lebih banyak akses bagi masyarakat lokal serta menjadi gerbang bagi wisatawan yang tiba di Bandara Kertajati untuk menjelajah keindahan berbagai kota lainnya di Indonesia.

Baca juga: airasia Superapp jadi aplikasi terbaik pada World Travel Tech Award
Baca juga: AirAsia Travel Fair tawarkan ragam pengalaman ASEAN dan peluang karier
Baca juga: Penerbangan Kertajati buka konektivitas global dengan kawasan Rebana

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023