Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum kemarin (24/10) menjadi sorotan, di antaranya Ketua KPK Firli Bahuri diperiksa oleh penyidik di Bareskrim Polri sampai Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) menggelar sidang perdana untuk dugaan pelanggaran etik.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita hukum kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

Firli Bahuri datang ke Bareskrim penuhi panggilan penyidik

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Bareskrim Polri.

Kedatangan Firli dikonfirmasi Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol. Ade Syafri Simanjuntak.

Selengkapnya baca di sini.

Jokowi hormati laporan ke KPK atas dirinya dan kedua putranya

Presiden Joko Widodo menghormati pelaporan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ditujukan terhadap dirinya dan kedua putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, atas dugaan kolusi dan nepotisme.

"Ya, itu kan proses demokrasi di bidang hukum. Ya, kami hormati semua proses itu," kata Jokowi usai menghadiri acara Investor's Daily Summit 2023 di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

MKMK gelar sidang perdana dugaan pelanggaran kode etik pada Kamis

Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK), yang tiga anggotanya telah dilantik di Jakarta, Selasa, dijadwalkan menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran kode etik hakim konstitusi pada putusan Perkara Nomor 90/PUU-XXI/2023, Kamis (26/10).

Anggota MKMK Jimly Asshiddiqie usai pelantikan anggota MKMK di Gedung II MK, Jakarta, Selasa, mengatakan sidang perdana tersebut akan dibuka untuk umum dengan memanggil 10 pelapor.

Selengkapnya baca di sini.

BNN RI perkuat pemberantasan peredaran gelap narkotika dalam HONLAP

Badan Narkotika Nasional(BNN) Republik Indonesia(RI) kembali menyerukan penguatan pemberantasan peredaran gelap narkotika di dalam penyelenggaraan forum The 45th Meeting of Heads of National Drug Law Enforcement Agencies, Asia and the Pacific (HONLAP).

"Dalam menanggulangi permasalahan narkoba perlu kerja sama internasional. Salah satu kerja internasional CNB dan UNODC adalah para kepala penegak hukum yang berada di Asia Pasifik. Pesan bahwa kita tetap harus mencegah, bersama-sama dengan negara lain. Tidak bisa satu negara pun sendiri dalam perang melawan narkotika," kata Kepala BNN RI Komisaris Jenderal Polisi Prof. Dr. Petrus Reinhard Golose di Kuta, Badung, Bali, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

KPK periksa istri Andhi Pramono soal aset di sejumlah lokasi

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa istri eks Kepala Kantor Bea Cukai Makassar Andhi Pramono, Nurlina Burhanuddin, sebagai saksi terkait perkara dugaan penerimaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Melalui pengetahuan saksi dilakukan pendalaman terkait dugaan penerimaan serta penggunaan uang dari tersangka AP diantaranya pembelian berbagai aset bernilai ekonomis yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023