Jakarta (ANTARA) - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyelenggarakan BPKH Hajj Run & Fun Walk dengan mengusung sport tourism untuk mengenalkan potensi wisata di daerah Singkarak.

Dikutip dari keterangan resmi BPKH, Rabu, BPKH Hajj Run & Fun Walk akan berlangsung bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, dengan start di Taman Wisata Tanjung Mutiara, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat pukul 06.00 WIB.

Acara ini terbagi ke dalam dua kategori yaitu Fun Walk dengan jarak tempuh sejauh 3,5 km dan Fun Run dengan jarak tempuh 5 km.

Untuk Fun Walk berjarak 3,5 km, dimulai dari Taman Wisata Tanjung Mutiara dan berakhir di RM Danau Indah. Sedangkan Fun Run dengan jarak 5 km, start di Taman Wisata Tanjung Mutiara dan finis di Prasasti Ombilin.

Selain mengusung sport tourism, Hajj Run & Fun Walk juga menjadi ajang untuk menyosialisasikan istihaah kesehatan jamaah haji dan memperkenalkan program haji ke sejumlah kalangan generasi millenial.

"Kegiatan Hajj Run & Fun Walk ini merupakan langkah awal yang baik dan komitmen BPKH untuk menyosialisasikan istithaah kesehatan jamaah haji ini. Sekaligus upaya memperkenalkan haji muda, mendorong kalangan milenial agar segera menunaikan ibadah haji di usia muda,” kata Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander.

Kegiatan lari dan jalan santai ini akan diikuti oleh para pelajar dan pelaksana lembaga pendidikan di sekitar Padang Panjang, Tanah Datar, Batusangkar, Solok, Bukit Tinggi, dan Padang. Peserta lainnya berasal dari nasabah dari sejumlah bank termasuk mitra BPKH. Kemudian ada dari komunitas pelari, undangan khusus serta masyarakat.

Panitia Pelaksana BPKH Hajj Run & Fun Walk Rizky Ardiansyah menjelaskan bahwa ada dua kriteria gelombang pendaftaran peserta.

Pertama, bagi peserta yang memiliki porsi haji bisa mendaftar secara gratis. Cukup mencantumkan nomor registrasi haji dan KTP. Peserta tersebut akan memperoleh racepack.

Kedua, bagi peserta yang tidak memiliki porsi haji, jika memiliki kode undangan, dia bisa mendaftar secara gratis dan akan memperoleh racekit. Namun, bagi yang tidak memiliki kode undangan akan dikenakan biaya pendaftaran dan tetap memperoleh racekit.

Nantinya akan ada enam titik pengambilan racepack. Untuk wilayah Jakarta, racepack bisa diambil di Muamalat Tower lantai 14 (Up Divisi Penghimpunan). Untuk wilayah Padang, racepack bisa diambil di Bank Sinarmas Syariah, Jalan Bagindo Aziz Chan No. 13 atau CIMB Niaga Syariah di Jalan M. Yamin No. 148. Untuk Wilayah Bukit Tinggi, di Bank Muamalat Indonesia, Jalan Ahmad Yani No. 99D, Benteng Pasar Atas, Kecamatan Guguk Panjang. Kemudian wilayah Padang Panjang di Bank Nagari Jalan Soekarno-Hatta No. 5 serta wilayah Batu Sangkat di BSI, Jalan Soekarno-Hatta No. 13 Pasar Batusangkar.

“Bagi masyarakat yang ikut BPKH Hajj Run & Fun Walk berkesempatan memperoleh doorprize yang oke punya. Mulai dari paket Umroh, HP, sport brand, smart watch hingga sepeda gunung dan logam mulia,” kata Rizky Ardiansyah.

Baca juga: BOB Kemenparekraf dukung sport tourism dengan Sunset Run pantai Bantul
Baca juga: Jakarta Marathon 2023 janjikan pengalaman baru berlari jarak jauh
Baca juga: Lari bisa jadi terapi tambahan untuk mengatasi depresi

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023