Kami menargetkan untuk cabang di Jakarta sendiri ini, kami punya target 50 persen penumpang sudah beralih ke Pelni Mobile
Jakarta (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero menargetkan, mulai 1 November 2023, sebesar 50 persen pelanggan dari cabang Jakarta membeli tiket pelayaran melalui aplikasi Pelni Mobile.

“Kami menargetkan untuk cabang di Jakarta sendiri ini, kami punya target 50 persen penumpang sudah beralih ke Pelni Mobile,” ujar Direktur Usaha Angkutan Penumpang Nuraini Dessy di Jakarta, Rabu.

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam konferensi pers bertajuk, “Sosialisasi Pengalihfungsian Loket Kantor Cabang Kelas Satu (Jakarta, Makassar, dan Surabaya)” di Jakarta.

Ia menjelaskan, selain melalui aplikasi Pelni Mobile, selama ini pelanggan Pelni dapat membeli tiket di situs Pelni, agen travel yang sudah menjadi mitra resmi Pelni, hingga toko retail modern atau minimarket yang sudah menjadi mitra resmi Pelni.

“Kita ada kerja sama business to business juga, tetapi aplikasi Pelni Mobile sendiri targetnya 50 persen,” kata Dessy.

Kepala Cabang Jakarta PT Pelni (Persero) Anwar Sanusi mengatakan bahwa pihaknya sudah menyosialisasikan penggunaan Pelni Mobile di berbagai platfrom, baik daring maupun luring. Sosialisasi tersebut, kata Anwar, sudah ia lakukan di media sosial dan di sejumlah terminal.

Terkait dengan kesiapan untuk meniadakan pembelian tiket secara manual atau luring, Anwar menegaskan bahwa Cabang Jakarta sudah siap. Dari sekitar 11.600 pelanggan yang tercatat sepanjang Oktober 2023, kata Anwar, pelanggan yang membeli tiket secara manual melalui loket penjualan tiket hanya 1.600 penumpang.

“Pada dasarnya cabang Jakarta sudah siap,” ujar Anwar.

Diketahui, mulai 1 November 2023, pelanggan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero di Jakarta, Surabaya, dan Makassar hanya dapat membeli tiket secara daring, yakni melalui situs atau aplikasi Pelni Mobile, serta mitra penjualan tiket resmi lainnya.

Dengan demikian, loket penjualan tiket kapal penumpang di tiga cabang tersebut akan dialihfungsikan menjadi layanan pelanggan atau customer service.

Loket layanan pelanggan akan melayani pelanggan Pelni untuk melakukan pembatalan tiket, refund atau pengembalian dana, mengubah jadwal, suplesi, serta menyediakan informasi mengenai jadwal keberangkatan kapal.

Baca juga: Tiga cabang terbesar Pelni hanya jual tiket daring mulai 1 November
Baca juga: Pelni perkenalkan aplikasi mobile permudah masyarakat membeli tiket

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023