..serta menunjukkan dukungan perusahaan terhadap salah satu spesies kebanggaan Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Seiko Watch Corporation, perusahaan asal Jepang yang memproduksi jam, berupaya mendukung konservasi komodo dan habitatnya melalui peluncuran produk Seiko Prospex-Indonesia Exclusive 2nd Edition.

“Mengikuti kesuksesan edisi eksklusif pertama Seiko di Indonesia, dengan desain dan detail yang terinspirasi dari komodo. Kami harap penggemar jam tangan high end di Indonesia dapat mengapresiasi perkawinan kualitas jam tangan kelas tinggi milik Seiko sambil merayakan warisan budaya keanekaragaman hayati Indonesia yang luar biasa kaya,” kata Manager Seiko Indonesia Kevin Lie dalam peluncuran jam tangannya di Jakarta, Rabu.

Dalam peluncurannya, Kevin menuturkan Seiko bekerjasama dengan Komodo Survival Program (KSP), sebuah organisasi nirlaba yang memfokuskan misi mereka pada pelestarian populasi biawak komodo serta kekayaan hayati lain di habitat alaminya.

Baca juga: Garmin rilis jam tangan pintar Venu 3 dan 3S penuhi gaya hidup aktif

Hasil dari penjualan jam tangan itu, Seiko akan menyumbangkan dua persen untuk pelestarian biawak komodo dan Taman Nasional Komodo, sebagai bentuk partisipasi dalam menanamkan rasa tanggung jawab publik terhadap konservasi spesies endemik yang terancam punah.

“Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen Seiko untuk turut ambil bagian dalam inisiatif melestarikan warisan budaya Indonesia serta menunjukkan dukungan perusahaan terhadap salah satu spesies kebanggaan Indonesia,” ujar Kevin.

Lebih lanjut, terkait dengan produk yang dijual dalam edisi keduanya ini, Kevin menjelaskan kalau Seiko Prospex Indonesia Exclusive 2nd Edition terinspirasi dari keindahan Taman Nasional Komodo yang merupakan sebuah situs warisan dunia UNESCO.

Dikarenakan koleksi Prospex sendiri secara khusus telah dirancang untuk para penggemar olahraga dan petualang di alam bebas, peluncuran edisi yang terinspirasi komodo ini ditujukan untuk merayakan petualangan dan keajaiban alam Indonesia.

Jam tangan edisi terbatas itu akan memadukan kualitas unggulan jam dengan keunikan hewan eksotis asal Indonesia yakni komodo. Seiko Prospex edisi kedua ini mulai dijual Kamis (26/10) dalam jumlah 500 unit di seluruh Indonesia dengan kisaran harga Rp9,5 juta.

Baca juga: Koleksi jam tangan Timex kolaborasi Peanuts dan UFC hadir di Indonesia

Sedangkan Ketua Yayasan Komodo Survival Program Deni Purwandana menambahkan, lewat dukungan Seiko yang disampaikan melalui penjualan edisi terbatas itu, jajarannya dapat terus membantu pihak Balai Taman Nasional Komodo.

Salah satunya yakni memantau aktivitas perkembangbiakan biawak komodo dan melaksanakan program konservasi lainnya untuk memastikan kelestarian populasi dan lingkungan habitat alami biawak komodo.

Menanggapi kolaborasi itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi inisiatif dan kepedulian Seiko terhadap preservasi budaya Indonesia.

Dirinya berharap peluncuran produk jam tangan terbaru itu, dapat berdampak positif terhadap pelestarian budaya dan konservasi satwa liar, serta memotivasi masyarakat untuk ikut peduli terhadap warisan budaya bangsa, serta meningkatkan posisi Indonesia sebagai tujuan wisata budaya.

"Semoga dengan adanya inovasi seperti ini, bisa menginspirasi brand-brand lainnya mengikuti langkah Seiko," ujar Sandiaga.

Baca juga: Casio Luncurkan Lima Jam Tangan G-SHOCK dengan "Dial" Metalik Berkilau

Baca juga: Huawei WATCH Ultimate siap bersaing di pasar jam mewah Indonesia


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023