Jakarta (ANTARA) - Peneliti melalui sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa menambahkan kopi ke dalam pola makan seimbang bisa meningkatkan metabolisme yang pada akhirnya membantu orang mempertahankan berat badan sehat.

Baik kopi berkafein maupun tanpa kafein, memiliki senyawa alami yakni asam klorogenat yang dianggap mendukung penurunan berat badan dan aspek kesehatan lainnya. Penelitian baru itu menemukan bahwa meskipun asupan kopi secara umum dikaitkan dengan penurunan berat badan, namun, penambahan gula ke dalam kopi dikaitkan dengan penambahan berat badan, seperti disiarkan laman Health, Kamis.

Studi itu menguji hubungan antara perubahan konsumsi kopi, asupan kafein, dan perubahan berat badan dengan mempertimbangkan penambahan gula, krim, dengan mengevaluasi data dari tiga kohort prospektif yakni the Nurses' Health Study, the Nurses's Health Studi II dan the Health Professional Follow-up Study (HPFS).

Baca juga: Benarkah kopi bagus untuk turunkan berat badan?

Untuk membantu peneliti memahami kecenderungan makan, peserta mengisi kuesioner frekuensi makanan selama periode penelitian yang berlangsung antara 23 hingga 24 tahun. Berat badan juga dicatat selama periode pengumpulan data untuk melacak perubahan signifikan.

Para peneliti menganalisis hubungan antara asupan kopi, krim, pemutih kopi, dan tambahan gula serta perubahan berat badan secara bersamaan setiap periode 4 tahun. Hasil studi menunjukkan peningkatan konsumsi kopi baik berkafein maupun tanpa kafein dikaitkan dengan penurunan berat badan selama siklus 4 tahun, baik pada pria maupun wanita.

Namun, hubungan itu berbeda ketika gula ditambahkan ke minuman. Peneliti menemukan bahwa menambahkan satu sendok teh gula ke dalam kopi dikaitkan dengan penambahan berat badan, bukannya penurunan berat badan.

Sementara penggunaan krim kopi tidak menunjukkan dampak signifikan secara statistik terhadap perubahan berat badan. Selain itu, memilih kopi berkafein dibandingkan versi tanpa kafein juga tidak memengaruhi hasil berat badan.

Baca juga: Benar kah minum kopi baik untuk kesehatan?

Penting untuk dicatat bahwa penelitian ini tidak mewakili populasi umum karena pesertanya sebagian besar adalah profesional kesehatan kulit putih Amerika Serikat.

Kemudian, karena kopi adalah sumber utama kafein dalam penelitian ini, peneliti tidak dapat mempelajari peran kafein dalam minuman berkafein lainnya seperti minuman energi. Terakhir, penelitian tersebut tidak memiliki informasi mengenai penambahan pemanis buatan pada kopi sebagai alternatif pengganti gula.

“Berat badan dan makanan itu kompleks dan multifaktorial. Bahkan dengan penelitian terbesar sekalipun, menarik kesimpulan tentang satu makanan atau minuman tertentu bisa sangat menantang," kata pakar gizi sekaligus Director of Nutrition Affairs for the National Dairy Council Kerry Hackworth, RDN.

Kiat sehat menikmati kopi

Kopi bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet pendukung pengelolaan berat badan. Namun, penting untuk diingat bahwa menambahkan gula ke dalam cangkir kopi mungkin tidak membawa manfaat apa pun.

“Gula merupakan karbohidrat sederhana yang artinya cepat dicerna, diserap, dan diubah menjadi energi (kalori) oleh tubuh kita,” kata Hackworth.

Dia mengingatkan gula sederhana tidak membantu kita merasa kenyang sehingga bisa menyebabkan makan berlebihan dan berpotensi menambah berat badan. Daripada menambahkan pemanis pada kopi, Hackworth merekomendasikan orang-orang untuk menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis, beberapa krimer non-susu favorit, atau bahkan hanya susu.

“Beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein yang ditemukan dalam susu dapat meningkatkan efek anti-inflamasi kopi,” kata dia.

Baca juga: Berapa batas aman minum kopi setiap hari?

Kemudian, terkait penggunaan pemanis buatan, masih banyak yang belum diketahui.

“Diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hubungan antara pemanis bebas gula dan berat badan, tetapi pemanis bebas gula dapat menjadi pengganti yang tepat jika tidak berlebihan,” pakar gizi Melissa Mitri, MS, RD.

Mitri menuturkan, meskipun gula buatan dapat membantu menurunkan asupan kalori, tetap penting untuk menyadari berapa banyak yang dikonsumsi.

Baca juga: Begini kiat dokter agar seduh kopi tanpa kurangi khasiatnya

Baca juga: Studi ungkap manfaat minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari

Baca juga: Kebanyakan minum espreso bisa sebabkan kolesterol lebih tinggi

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023