Medan (ANTARA) - Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) M Sati Lubis mengatakan pengunjung KRI Bima Suci yang datang ke Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara untuk diperkenalkan kepada masyarakat setempat mencapai 1.200 orang per hari.

"Kami perkirakan yang berkunjung ke KRI Bima Suci bisa mencapai pengunjung  900-1.200 orang per hari," ujar Sati Lubis kepada ANTARA di Medan, Kamis.

Ia mengatakan pengunjung yang hadir ke kapal kebanggaan Indonesia ini di antaranya baik dari siswa SD, SMP, SMA, Pramuka, ibu-ibu Jalasenastri maupun warga umum yang ada di Kota Medan.

"Setiap pengunjung yang datang diperbolehkan naik ke atas kapal untuk mengenal karakteristik atau dimensi, tugas dan misi yang telah dilaksanakan TNI AL," ucapnya.

Sati Lubis mengatakan tujuannya mengenalkan interior KRI Bima Suci dan  memberikan edukasi tradisi angkatan laut, tali temali, pluit, layar kapal dan lainnya.

"Hal ini bertujuan mengajak warga lebih mengenal TNI AL dan promosi TNI kepada generasi muda," tuturnya.

Disamping itu, KRI Bima Suci yang sudah bersandar lima hari  di Belawan tersebut untuk mempersiapkan bekal ulang logistik, baik air tawar, bahan bakar, pengecatan kapal, bersilaturahmi dan lainnya.

Saat ini, KRI Bima Suci telah melanjutkan pelayaran ke Pangkalan Armada II Surabaya untuk melaksanakan pemantapan kondisi teknis material dan personel.

Pihaknya mempersiapkan program pada 2024 berupa pelayaran Kartika Jala Krida Taruna AAL 2024 ke Asia dengan rencana rute Thailand, Singapura, Malaysia, Kamboja, China, Korea Selatan, Jepang, dan Filipina.

Sebelumnya, kapal layar latih tersebut tiba di Tanah Air setelah tujuh bulan melakukan pelayaran dalam rangka melaksanakan Diplomasi Duta Bangsa dan Satlat Kartika Jala Krida Taruna AAL Angkatan 70 dengan rute Surabaya, Batam, Sri Lanka, Oman, Arab Saudi, Mesir, Algeria, Prancis, Belanda, Inggris, Norwegia, Skotlandia, Jerman, Spanyol, dan Tunisia.

Baca juga: KRI Bima Suci perkenalkan budaya Indonesia di luar negeri

Baca juga: Komandan: KRI Bima Suci datang untuk diperkenalkan pada warga Medan

Baca juga: KRI Bima Suci jadi ajang promosi budaya Nusantara di Tunisia

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023