Satkamling agar aktif meningkatkan ronda lingkungan
JAKARTA (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Selatan mengimbau warga dan satuan keamanan lingkungan (Satkamling) untuk aktif meningkatkan ronda di lingkungan masing-masing guna menciptakan suasana kondusif, tertib dan aman jelang Pemilu 2024.

"Menjelang pemilu, Satkamling agar aktif meningkatkan ronda lingkungan, sambang warga, serta turut serta menyelesaikan masalah warga bersama-sama Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat)," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis.

Ade Ary mengatakan, Satkamling merupakan garda terdepan pengamanan sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan masing-masing karena berlokasi di tengah-tengah permukiman warga, sangat dekat dan strategis.

Polisi juga berkomitmen untuk mewujudkan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif guna mendukung pelaksanaan pemilu serentak yang berkualitas.

Baca juga: Polisi terapkan metode "2.16.32" amankan TPS Pemilu 2024

Kapolres juga menghimbau warga untuk terus berpartisipasi dalam Satkamling, tidak hanya Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar), pengamanan kawasan permukiman tertentu saja.

"Keamanan dan ketertiban masyarakat adalah tugas bersama dan dimulai dari lingkungan terkecil yakni RT dan RW," kata dia.

Dia menambahkan, menjelang tahun pemilu, pihaknya memberikan pendampingan kepada petugas Satkamling secara rutin.

Kegiatan pendampingan, salah satunya dilakukan pada Rabu, (26/10) oleh Kapolsek Setiabudi didampingi Kabag Ops Polres Jakarta di RT 010, RW 003, Karet Semanggi, Setiabudi untuk memberikan masukan dan mendengarkan permasalahan yang selama ini dihadapi petugas Satkamling.

Baca juga: Cegah kericuhan, polisi lakukan simulasi pengamanan Pemilu 2024

"Pendampingan ini serentak kami lakukan di semua Polsek, berdiskusi mengenai masalah keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya menjelang Pemilu 2024," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya untuk menggencarkan Polisi RW.

Polisi RW di seluruh wilayah Indonesia, sebagai langkah untuk merealisasikan program satu desa satu Bhabinkamtibmas untuk menciptakan Pemilu 2024 damai.

Dalam program polisi RW, nantinya akan ditempatkan personel kepolisian dari berbagai fungsi kepolisian di setiap RW berdasarkan alamat tempat tinggal masing-masing personel polisi.

Baca juga: MRT Jakarta pastikan keamanan fasilitas hadapi dinamika Pemilu 2024

Penempatan personel polisi tersebut, untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Pewarta: Erlangga Bregas Prakoso
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023