Jakarta (ANTARA) - Ganda Putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti hampir mengalami pertandingan rubber game pada babak 16 besar French Open 2023, Kamis, saat menghadapi wakil Malaysia Vivian Hoo/Lim Chiew Sien.

Laju Apri/Fadia yang mulus pada gim pertama berbalik penuh kesulitan pada gim kedua. Beruntung mereka mampu mengejar ketertinggalan dan mengemas kemenangan dua gim langsung 21-8, 21-18.

"Tadi di gim kedua kami banyak melakukan kesalahan sendiri karena ada perbedaan cukup jauh dari kedua sisi lapangan," kata Fadia soal pertandingannya melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta.

Menurut Apri, kondisi sisi lapangan pada gim kedua sangat mempengaruhi pola permainan mereka. Hal tersebut menjadi keuntungan bagi Vivian/Lim untuk membalas kekalahan pada gim pertama.

Hingga interval, skor Apri/Fadia sudah terpaut jauh dari lawan dengan 7-12. Duo Indonesia pun berusaha mengejar ketertinggalan hingga mampu merebut empat poin beruntun dan memperkecil jarak menjadi 12-13.

Apri/Fadia kembali meraih poin beruntun dan unggul tipis menjadi 17-16 atas Vivian/Lim. Poin mereka pun sempat berkejaran, hingga akhirnya Apri/Fadia berusaha bermain lebih rapi untuk mempertebal keunggulan.

Baca juga: Fajar/Rian nikmati kemudahan menuju perempat final French Open

Sebanyak empat poin beruntun menjadi penutup pertandingan berdurasi 39 menit tersebut, sekaligus memastikan kemenangan bagi Apri/Fadia untuk melaju ke perempat final.

"Tadi setelah tertinggal 3-4 poin kami hanya coba untuk tidak melakukan kesalahan sendiri. Selain memang kondisi lapangan, kondisi shuttlecock juga belum bisa kami kontrol sepenuhnya," Apriyani menjelaskan.

Pada babak selanjutnya, Apri/Fadia punya pekerjaan rumah agar tidak banyak melakukan kesalahan sendiri. Apalagi dengan semakin mengecilnya jumlah peserta, maka persaingan pun akan semakin sengit.

"Ini jadi tugas kami di pertandingan selanjutnya," Apriyani menegaskan.

Pada perempat final, Apri/Fadia akan menghadapi pasangan asal Jepang, yaitu Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Berdasarkan catatan pertemuan kedua pasangan, hingga saat ini duo Jepang masih unggul atas Apri/Fadia dengan skor 3-1.

Baca juga: Bagas/Fikri berjuang pertahankan stamina di tengah turnamen Eropa
Baca juga: Praveen/Melati tampil dominan untuk lalui babak pembuka French Open

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023