Major TA Kilang RU III Plaju tahun ini sejatinya termasuk TA terbesar Kilang Plaju dikarenakan hampir seluruh unit dilakukan pemeliharaan dan juga perbaikan
Palembang (ANTARA) - Pemeliharaan kilang PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju Palembang, Sumatera Selatan yang dimulai pada Oktober hingga November 2023 ini memberdayakan sekitar 8.000 tenaga kerja.

"Untuk melakukan pemeliharaan besar atau "turn around" (TA) selama 40 hari memberdayakan 8.000 lebih tenaga kerja, ditambah pekerja internal Kilang Pertamina Plaju kurang lebih 800 orang, dan bantuan antar unit sebanyak 400 orang," kata General Manager Kilang Pertamina Plaju Yulianto Triwibowo di Palembang, Kamis.

Baca juga: Kilang Pertamina Plaju antarkan masyarakat raih Proklim KLHK 2023

Dia menjelaskan, major TA Kilang RU III Plaju tahun ini sejatinya termasuk TA terbesar Kilang Plaju dikarenakan hampir seluruh unit dilakukan pemeliharaan dan juga perbaikan.

Kegiatan 'turn around' merupakan kegiatan pemeliharaan besar yang dilakukan secara rutin dan direncanakan secara matang di kilang-kilang KPI.

“Pada major TA 2023 ini dilakukan kegiatan pemeliharaan antara lain Crude Distillate Unit (CDU), High Vacuum Unit (HVU), Fluid Catalytic Cracking Unit (FCCU), Polypropylene, Alkylasi, dan unit-unit lainnya,” ujarnya.

Baca juga: Seabad lebih Kilang Plaju memasok energi negeri

Yulianto selalu berpesan agar seluruh tenaga kerja TA dapat menjaga kinerja dengan baik, serta tetap mengutamakan aspek keselamatan (safety,).

Perihal safety, dia minta hal itu betul-betul diresapi dengan baik oleh setiap pekerja dan mitra kerja yang akan menjalankan pekerjaan nantinya.

“Kilang Pertamina Plaju mempunyai budaya untuk saling menegur apabila terdapat hal-hal yang dapat merugikan, oleh karenanya maka kita harus selalu berpikir positif, dan jadikanlah teguran sebagai motivasi untuk meningkatkan kemampuan diri,” ujar General Manager Kilang Pertamina Plaju Yulianto.

Dalam kesempatan 'grand safety talk' di hadapan ribuan tenaga kerja yang akan melakukan pemeliharaan kilang, telah dibacakan dan ditandatangani bersama komitmen keselamatan kerja oleh jajaran Direksi dan Manajemen PT KPI beserta perwakilan seluruh perusahaan yang menjadi kontraktor pekerjaan major TA 2023.

Baca juga: Kilang tua Pertamina Plaju masih beroperasi baik di Kota Palembang

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023