Deli Serdang (ANTARA) - Telkomsat, melalui program "Telkomsat Berbagi," terus menunjukkan komitmennya untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Kali ini, Telkomsat memberikan kontribusi berharga dengan menyediakan layanan internet satelit gratis di area blankspot yang berlokasi di SMK Negeri 1 STM Hulu, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. 

Bantuan yang disalurkan oleh Telkomsat dalam rangka program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsat ini adalah berupa penyediaan layanan akses internet berbasis satelit yang dikenal sebagai Mangoesky. Layanan Mangoesky adalah solusi broadband berbasis satelit yang memungkinkan masyarakat di wilayah yang belum terjangkau oleh jaringan kabel ADSL, fiber optik, ataupun layanan seluler kecepatan tinggi lainnya, untuk dapat menikmati akses internet yang andal. Ini menjadi berita baik bagi daerah rural, terutama daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T).

Penyerahan bantuan ini dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2023 dan diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 STM Hulu, Drs. Marlis Sikumbang. Dalam kesempatan tersebut, Drs. Marlis Sikumbang mengungkapkan, "Kami dari SMK Negeri 1 STM Hulu, Deli Serdang, mengucapkan terima kasih kepada Telkomsat atas bantuan akses internetnya. Harapan kami, akses internet ini dapat mendukung proses pembelajaran siswa-siswa kami. Fasilitas ini memudahkan kami dalam mengakses informasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya dalam mengikuti arahan Kurikulum Merdeka dari Pak Menteri. Dengan dukungan internet dari Telkomsat, kami berharap dapat memaksimalkan pembelajaran dan memberikan yang terbaik untuk siswa-siswa kami di masa depan." 

Kepala Sekolah, Drs. Marlis Sikumbang, juga menyoroti pentingnya akses internet untuk administrasi pengelolaan sekolah, terutama dengan adanya jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang memerlukan koneksi internet untuk berbagai praktik pembelajaran.

Terkait CSR ini, Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf, menyampaikan, "Kami berkomitmen untuk membantu memajukan pendidikan di daerah-daerah yang memerlukan. Program Telkomsat Berbagi adalah salah satu wujud dari komitmen tersebut. Kami percaya bahwa akses internet adalah kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan peluang yang lebih baik bagi generasi muda Indonesia."

Melalui program ini perusahaan berharap ikut berkontribusi dalam program mencerdaskan kehidupan bangsa dengan penetrasi layanan internet/digital service di daerah rural, khususnya 3T. "Telkomsat terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia dan mendukung program pemerintah dalam hal pemerataan digital di Indonesia, khususnya di daerah 3T,” ujar Lukman.

Program "Telkomsat Berbagi" ini bukan hanya memberikan manfaat langsung bagi para siswa dan guru, tetapi juga menjadi bukti nyata dari kontribusi Telkomsat dan Telkom Group dalam pembangunan nasional, khususnya di bidang pendidikan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023