Makassar (ANTARA) - PT Telkom Indonesia Tbk melalui anak usahanya Telkomsat yang berfokus di bisnis satelit, terus memperkuat konektivitas digital di Papua Pegunungan, guna memenuhi kebutuhan telekomunikasi di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Pegunungan melalui layanan VSAT Star.

Langkah ini merupakan wujud komitmen TelkomGroup untuk mendukung pemerataan konektivitas digital sekaligus percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia dalam bidang ICT.

Kepala Dinas Kominfo Papua Pegunungan, Kalvin Billin melalui keterangan rilis di Makassar, Kamis mengatakan Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan mengapresiasi mendalam kepada layanan VSAT Star yang disediakan oleh Telkomsat.

"Sebelum kehadiran layanan ini, kami mengalami kekurangan fasilitas jaringan yang khusus untuk melayani kantor, dan terpaksa meminjam layanan akses internet dari Pemerintah Kabupaten. Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih atas kehadiran VSAT Star yang telah memenuhi kebutuhan vital (terhadap akses internet) ini," kata dia.

Baca juga: Mitratel-Telkomsat berbagi infrastruktur percepat transformasi digital

Dengan adanya VSAT Star, saat ini Kantor Dinas Kominfo Papua Pegunungan dapat mengakses internet dengan kecepatan dan kualitas yang memadai, meningkatkan efisiensi dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Penyediaan layanan ini merupakan wujud komitmen TelkomGroup untuk mengurangi kesenjangan digital di daerah tersebut dan mendukung percepatan serta perluasan pembangunan ekonomi Indonesia dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), sesuai dengan visi Pemerintah Republik Indonesia.

Saat ini, Telkomsat merupakan satu-satunya operator telekomunikasi di Indonesia yang memiliki Hak Labuh Satelit Non Geostationer (NGSO) Starlink khusus untuk layanan backhaul. VSAT Star adalah layanan komunikasi yang berbasis konstelasi satelit orbit rendah (Low Earth Orbit) Starlink untuk menghubungkan jaringan akses (access network) dengan jaringan utama (core network).

Baca juga: APJII dan Telkomsat tingkatkan penetrasi internet di Tanah Air

Layanan ini memiliki kecepatan data hingga 200 Mbps per titik, yang menjadikannya solusi ideal untuk mengatasi tantangan konektivitas di daerah terpencil seperti Papua Pegunungan.

Telkomsat berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan teknologi dan komunikasi di seluruh Indonesia, dengan fokus khusus pada daerah-daerah terpencil seperti Papua Pegunungan. Untuk menjembatani kesenjangan infrastruktur backhaul di Indonesia, Telkomsat memanfaatkan konektivitas berbasis Starlink dan melakukan kerja sama dengan operator-operator dalam negeri.

"Kami senantiasa memaksimalkan dan mengoptimalkan pemanfaatan hak labuh Starlink yang diberikan kepada Telkomsat sebagai bagian dari TelkomGroup, untuk mendukung program pemerintah dalam hal pemerataan digital di Indonesia,” ungkap Direktur Utama Telkomsat Lukman Hakim Abd Rauf.

Melalui langkah ini, Telkomsat berharap dapat mengurangi kesenjangan digital dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah 3T, sejalan dengan visi Pemerintah Republik Indonesia untuk memajukan sektor ICT di seluruh negeri.

VSAT Star telah membawa harapan baru bagi Papua Pegunungan untuk berpartisipasi aktif dalam era digital yang terus berkembang.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023