Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di di wilayah Lereng Barat, Pantai Barat, pegunungan dan sebagian Lereng Timur Sumatera Utara harus diwaspadai...
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) karena dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di di wilayah Lereng Barat, Pantai Barat, pegunungan dan sebagian Lereng Timur Sumatera Utara harus diwaspadai, karena dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor," kata Prakirawan BMKG Wilayah 1 Medan Putri Diana Tarigan, di Medan, Jumat.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan, kata dia, pada pagi hari rata-rata berawan. Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG: Sebagian Sumut berpotensi hujan pada Senin sore dan malam hari

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Medan, Simalungun, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, dan sekitarnya.

Malam hari, lanjutnya, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Humbang Hasundutan, Padang Sidempuan, Mandailing Natal, dan Padang Lawas Utara

Sementara pada dini hari, kata dia, rata-rata berawan di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Suhu udara 15–33.0 derajat Celsius, kelembapan udara 60–99 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG prakirakan cuaca DKI Jakarta cerah berawan pada Jumat pagi
Baca juga: BMKG: 14 kabupaten/kota di Aceh rawan bencana akibat angin siklonik
Baca juga: BMKG: Lima daerah di Kaltim berpotensi hujan pada Jumat-Sabtu




 

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023