Kediri (ANTARA) - Persebaya Surabaya berusaha mematahkan statistik Kediri yang dinilai bagus dengan merebut poin penuh dalam pertandingan derby Jatim di kompetisi Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jumat.

Pelatih Persebaya Surabaya Josep Gombau, mengatakan anak-anak asuhnya sudah melakukan persiapan yang bagus dengan latihan maksimal untuk menghadapi Persik Kediri. Dalam pertandingan nantinya, para pemain akan menunjukkan permainan terbaiknya.

"Secara statistik memang Persik bagus, tapi dari kami bagus juga. Kami akan mematahkan statistik itu dan mencoba yang terbaik untuk pertandingan," kata Josep di Kediri, Jumat.

Ia pun mengakui, bahwa para pemain memang baru datang ke Kediri. Hal ini lebih karena jarak antara Kediri dengan Surabaya cukup dekat, sehingga lebih memilih istirahat dahulu baru ke Kediri.

Baca juga: Persik makin percaya diri hadapi laga derby lawan Persebaya

Dalam beberapa kali pertandingan, Persebaya masih bisa membawa poin penuh ke kandang. Untuk itu, laga melawan Persik Kediri ini akan menjadi laga istimewa. Persebaya ingin menambah pundi gol dan memperbaiki klasemen, sehingga bertekad mencuri poin.

Josep mengakui masih butuh waktu untuk membuat tim yang ia tukangi menjadi lebih baik. Hasil kurang baik dalam pertandingan sebelumnya menjadi evaluasi sehingga ke depan diharapkan menjadi lebih baik.

Dalam pertandingan tersebut, sejumlah pemain Persebaya absen, di antaranya Arif Catur, Dusan Stevanovic, dan Kadek Raditya. Dua nama pertama tersebut absen karena masih terkena hukuman dan akumulasi kartu.

Sementara itu, kiper Persebaya Surabaya Ernando Ari juga optimistis bisa mendapatkan poin penuh saat pertandingan melawan Persik Kediri.

Baca juga: Kontra Persebaya, Persik bertekad raih poin penuh

"Kami sudah berlatih seminggu dan memperbaiki semua. Apa yang dirasa kurang dan juga untuk persiapan pertandingan kami mematahkan diri masing-masing. Kami akan mendapatkan sesuai yang coach inginkan, dan harapannya membawa pulang membawa poin," kata Ernando.

Sementara itu, Pelatih Persik Kediri Marcelo Rospide mengatakan anak-anak asuhnya dalam kondisi yang sangat baik dan siap untuk bertanding. Persik juga fokus agar bisa meraih poin penuh demi memperbaiki klasemen.

"Fokusnya adalah bagaimana untuk pertandingan besok bisa memperbaiki posisi klasemen," kata Marcelo.

Saat ini, Persik Kediri berada di posisi ke-12 klasemen sementara dengan perolehan 20 poin. Sedangkan Persebaya di urutan ke-9 dengan perolehan 22 poin.

Baca juga: Barito Putera siapkan skuad utama hadapi Persikabo 1973
Baca juga: Stadion Dipta perketat pemeriksaan cegah keributan oknum suporter tamu

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023