Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan satu juta satuan tugas (Satgas) antinarkoba yang digagas Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Muda Pusat merupakan salah satu langkah mewujudkan generasi muda bebas dari ancaman narkoba.

“Jangankan satu juta generasi muda, seribu saja generasi muda yang ada saya sangat apresiasi," ujar Hassanudin usai menerima kunjungan ICMI Muda Pusat di Kantor Gubernur Sumatera Utara di Medan, Jumat.

Menurutnya, generasi muda tidak memiliki masa depan jika sudah dipengaruhi barang terlarang tersebut. Hal itu sangat berbahaya untuk bangsa Indonesia.

Baca juga: Menko Muhadjir ajak ICMI bersama siapkan generasi muda berkualitas

“Kita akan menghadapi demografi, dimana masa keemasan generasi muda saat ini berada di usia para pelajar, mahasiswa. Jika mereka rusak karena narkoba, apa jadinya nanti bangsa ini," kata Hassanudin.

Ketua Presidium ICMI Muda Pusat Tumpal Panggabean mengatakan pihaknya akan mendeklarasikan satu juta satuan tugas (Satgas) yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, dan masyarakat antinarkoba lainnya.

"Deklarasi ini merupakan rangkaian dari kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ICMI Muda Pusat yang berlangsung pada 27-28 Oktober 2023 di Gelanggang Olah Raga (GOR) Jalan Pancing/Williem Iskandar Kabupaten Deliserdang," kata Tumpal.

Tumpal menuturkan program ini merupakan bentuk komitmen ICMI Muda dalam memberantas peredaran narkoba agar menjaga generasi muda dari barang haram tersebut.

“Ini akan menjadi program ICMI Muda dalam menjaga generasi muda terhindar dari narkoba," kata Tumpal.

Untuk itu, Tumpal mengajak seluruh pihak, baik pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat dapat mendukung program tersebut demi menjaga dan menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba.

"Kami berharap dukungan dari setiap kabupaten/kota agar setiap pelajar, mahasiswa, dan masyarakat, ikut ambil bagian dalam mendeklarasikan Satgas Antinarkoba," kata Tumpal.

Baca juga: ICMI Muda Jatim bebaskan anggota di Pilkada

Baca juga: Tokoh muda NU Bogor dorong ICMI fokus tingkatkan SDM


Tumpal menjelaskan Rakernas tersebut juga menyelenggarakan senam sehat, pengobatan gratis, donor darah, bakti sosial, dan pembagian kacamata gratis.

“Nantinya akan hadir 15.000 orang untuk deklarasi satu juta Satgas pelajar, mahasiswa dan masyarakat antinarkoba. Namun, yang mendaftar di googleform saat ini sudah mencapai 946.894 peserta. Mudah-mudahan pada 28 Oktober nanti sudah mencapai satu juta,” katanya, yang didampingi Ketua Dewan Pakar ICMI Pusat Rizal Fahlevi Hasibuan.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023