Jakarta (ANTARA) - Selebritas  Sarwendah Tan mengungkapkan bahwa kecap dan sambal menjadi benda yang wajib ada di mobilnya lantaran dia suka membeli makanan ketika di perjalanan.

“Karena aku suka berhenti, misalnya ada jajanan, aku suka berhenti (untuk beli),” ujar Sarwendah saat jumpa pers Festival Jajanan Bango 2023 di Jakarta, Jumat.

Kepadatan aktivitas yang mengharuskan Sarwendah untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya membuat istri dari Ruben Onsu itu kerap menyantap makanannya di dalam mobil.

Baca juga: Sarwendah akui suka makan "nasi kecap" saat bersekolah di China

Bila penyaji makanan tidak menyediakan kecap maupun sambal, Sarwendah harus siap sedia dengan kecap dan sambal di mobilnya sebagai bentuk antisipasi.

“Bumbu-bumbuan itu harus ada di mobil aku. Ada kecap, entah itu sambal terasi, entah itu cabe bubuk, cabai sambal, itu sudah aku siapin,” kata Sarwendah melanjutkan.

Dengan persediaan kecap dan sambal di mobil, jika pedagang tidak menyediakan, dia sudah punya. Menurut Sarwendah, kalau ada makanan yang terasa kurang lengkap, maka dia akan berupaya untuk membuatnya menjadi lebih enak dengan bumbu-bumbu di dalam mobilnya.

“Tipe emak-emak Indonesia banget,” kata Sarwendah.

Dalam kesempatan terpisah, Sarwendah mengaku kerap menambahkan kecap nyaris di tiap masakannya. Bahkan, ketika ia membuat sop.

“Cuma kalo buat sop, ya, nggak banyak. Sedikit aja biar ada aromanya,” kata Sarwendah.

Festival Jajanan Bango diadakan secara rutin sejak 2005, menyajikan ragam kuliner dari Sabang sampai Merauke. Pada festival tahun ini, penyelenggara FJB mengangkat tema, “Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara”.

Baca juga: Festival Jajanan Bango memperkuat ekraf kuliner Nusantara

Baca juga: Warga Gorontalo produksi kepala roa jadi kecap ikan

Baca juga: Sambal khas Oen Peugaga paling diburu masyarakat Aceh saat Ramadhan

 

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023