Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (Perum LKBN) ANTARA meraih penghargaan badan publik terbaik dalam Digital 5.0 Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Awards 2023 untuk kategori sektor jasa telekomunikasi dan media oleh majalah BUMN Track.

"Parameternya mengukur tingkat keterbukaan informasi secara kuantitas dan kualitas dengan lebih menekankan keterlibatan atau kualitas komunikasi dengan publik melalui media sosial," kata Ketua Dewan Juri KIP Awards 2023 Rudiantara di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Jumat.

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro kepada Perum LKBN ANTARA yang diwakili oleh Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Bali Widodo Suyamto Jusuf.

ANTARA mendapatkan penghargaan badan publik terbaik KIP Award 2023 sebagai "The most interact BUMN by engagement" dan "Best of all by audience, activity and engagement".

Menteri Komunikasi dan Informatika periode 2014-2019 itu menambahkan penilaian keterbukaan informasi publik menggunakan jejak digital di dunia maya yang dikelola badan publik yakni akun media sosial Youtube, Facebook, X (sebelumnya twitter), Instagram, Tiktok, hingga laman badan publik dan situs wikipedia.

Ada pun badan publik yang dinilai yakni BUMN termasuk anak perusahana-nya berikut peran direktur utama serta pemerintah daerah di Bali.

Baca juga: Perum LKBN ANTARA gelar pelatihan wartawan di Surabaya

Baca juga: Tugas pers mendewasakan pemilih


Pihaknya menekankan keterlibatan dan interaksi dengan publik sebagai bobot utama, didukung aktivitas dan kualitas konten. Sedangkan jumlah pengikut di akun media sosial bukan menjadi faktor penentu.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro mengapresiasi penghargaan tersebut sebagai bentuk pengawasan dan evaluasi dengan metode baru yakni menilai partisipasi aktif keterbukaan informasi melalui media sosial.

Dengan metode itu, lanjut dia, badan publik baik BUMN atau pemerintah daerah tidak mengetahui jika sedang dipantau oleh tim penilai.

Ada pun penilaian itu berbeda dibandingkan penghargaan serupa di antaranya melalui kuisioner penilaian mandiri (self assessment questionnaire/SAQ).

"Kalau kami memberikan kuisioner kemudian kami lakukan uji publik. Kalau ini (juri) aktif berselancar di media sosial badan publik, jadi mereka tidak tahu sedang dinilai termasuk keterlibatan mereka kepada publik. Saya pikir ini bagus," katanya seraya menambahkan metode itu bisa saling melengkapi dengan penilaian serupa di Komisi Informasi.

Sementara itu, Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Bali Widodo Suyamto Jusuf mengapresiasi penghargaan tersebut sebagai buah atas kerja keras dan kontribusi seluruh insan ANTARA.

"Tentunya ini akan menjadi energi ekstra untuk ANTARA melompat lebih tinggi dengan bekerja lebih baik untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara sesuai fungsinya sebagai sebuah kantor berita nasional Indonesia," ucapnya.

Dalam KIP Awards 2023 itu penghargaan diberikan berdasarkan kategori sektor pemerintah daerah di Bali, pimpinan BUMN, perusahaan BUMN dan anak usaha, dan KIP berdasarkan kategori sektor usaha BUMN.

Kategori itu yakni sektor industri energi, minyak, gas, sektor industri kesehatan, sektor industri manufaktur, sektor industri mineral dan batu bara, sektor industri pangan dan pupuk.

Selanjutnya, sektor industri perkebunan dan kehutanan, sektor jasa asuransi dan dan pensiun, sektor jasa infrastruktur, sektor jasa keuangan, sektor jasa logistik, sektor pariwisata dan pendukung, dan sektor jasa telekomunikasi dan media.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023