Dari 97 lokasi PLTD total sebanyak 490 Desa dan 56.740 pelanggan berhasil dilistriki oleh PLN UIW MMU
Ambon (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) menunjukkan komitmen dalam mewujudkan program Listrik Desa (Lisdes) dengan melistriki total sebanyak 490 Desa di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

"Dari 97 lokasi PLTD total sebanyak 490 Desa dan 56.740 pelanggan berhasil dilistriki oleh PLN UIW MMU," Kata General Manajer PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula, saat peresmian listrik desa, Jumat.

Berdasarkan perencanaan PT PLN UIW MMU menargetkan total 97 Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) atau titik penyalaan melalui program Listrik Desa.

Program tersebut berproses sejak pertama kali direncanakan pada 2018 dan sampai dengan Juni 2023 berhasil menyalakan 39 PLTD, kemudian PLN UIW MMU melakukan tahap kedua sebagai hadiah kemerdekaan Republik Indonesia di 38 PLTD.

"Pada hari ini bertepatan dengan Hari Listrik Nasional, kembali menyalakan 21 PLTD dengan jumlah desa sebanyak 87 desa dan jumlah pelanggan sebanyak 11.994 pelanggan," katanya.

Ia mengakui, bukan hal yang mudah membangun infrastruktur yang merupakan salah satu kunci keterhubungan di Bumi Raja-raja, yakni tantangan letak geografis.

Provinsi Maluku dan Maluku Utara memiliki ciri khas daerah kepulauan, cuaca buruk dan tak menentu di sepanjang 2023 juga tak bisa dihindari.

“Semua tantangan kami lalui berkat sinergitas yang kami bangun bersama pemangku kepentingan, termasuk masyarakat lokal di setiap daerah. Sulitnya mengangkut peralatan pendukung infrastruktur di daerah, tetapi begitu tiba di lokasi dan disambut gembira dan antusias masyarakat yang juga turut membantu ," katanya.

Peresmian dilakukan secara hybrid oleh Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto, dan berpusat di Desa Warbal, Maluku Tenggara.

Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto, Listrik desa merupakan wujud nyata dari energi berkeadilan. PLN mendapatkan dukungan penuh untuk pengembangan infrastruktur terutama di 3T karena listrik menggerakkan roda perekonomian.

"Proses yang panjang dan tidak mudah untuk mencapai hari ini merupakan bentuk sinergi dari Pemerintah, PLN dan masyarakat. Selamat menikmati listrik bagi masyarakat Desa Warbal dan semuanya yang dilistriki hari ini," katanya.

Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun memberikan apresiasi tinggi bagi kerja keras PLN.

"Hadiah dari PLN untuk masyarakat terutama di Desa Warbal dalam rangka hari listrik nasional. Terima kasih kepada PLN atas penyalaan Warbal,” katanya.

21 PLTD di Maluku dan Maluku Utara yang diresmikan tepat di Hari Listrik Nasional ke-78 diantaranya, PLTD Barataku, PLTD Buli (Tameti), Yaba, Kampung Baru, Pastabulu,Pencado, Sum, Mano dan PLTD Luan.

Baca juga: Pembangkit terapung pertama karya bangsa resmi beroperasi di Ambon
Baca juga: PLN dan PAL luncurkan kapal pembangkit listrik berdaya 60 megawatt

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023