"Kepada komponen adat masyarakat Maluku kami mengucapkan terima kasih, dukungan ini akan disampaikan ke Tim Pemenangan koalisi pengusung untuk ditindaklanjuti,"
Ambon (ANTARA) - Komponen adat masyarakat Maluku melakukan deklarasi dukungan kepada Mahfud MD sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) periode 2024- 2029.

Pembacaan deklarasi dukungan sebagai Cawapres dibacakan perwakilan relawan komponen adat masyarakat Maluku, Aris dan disaksikan langsung oleh Mahfud MD usai menerima gelar adat kehormatan dari Majelis Latupatti Kota Ambon, di Ambom, Sabtu.

Dalam deklarasi disampaikan bahwa sebagian besar wilayah di Maluku merupakan negeri adat dan masyarakat masih kuat memegang teguh adat istiadat yang diwariskan leluhur.

Provinsi Maluku merupakan gugusan yang kaya akan adat istiadat dapat terlihat dari kondisi sosiologi dan antropologi masyarakat adat Maluku dalam menjaga hak Ulayat di laut dan darat.

Selain itu memelihara tradisi dalam keseharian tata laku, menghormati simbol hukum adat dan berbagai tradisi lainnya yang masih terus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat adat di Maluku.

Dengan dikukuhkan Mahfud MD sebagai entitas masyarakat Maluku maka komponen adat masyarakat Maluku secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada Mahfud MD sebagai cawapres mendampingi calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo.

Komponen adat Maluku menitipkan persoalan adat masyarakat Maluku untuk diperjuangkan secara berkelanjutan.

Komponen adat Maluku juga akan terus mengawal perjuangan Mahfud MD untuk mengabdi kepada bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Demikian dukungan dibuat dengan seikhlasnya untuk perjuangan bersama Mahfud MD menuju kemenangan Pilpres, kemenangan masyarakat adat Maluku dan kemenangan masyarakat adat di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, usai mendengar Deklarasi menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan komponen adat masyarakat Maluku.

"Kepada komponen adat masyarakat Maluku kami mengucapkan terima kasih, dukungan ini akan disampaikan ke Tim Pemenangan koalisi pengusung untuk ditindaklanjuti," katanya.

Selain menyampaikan dukungan relawan komponen adat masyarakat Maluku menyerahkan secara langsung baju bergambar Mahfud MD.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023