Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah klaim di platform X menerangkan penggunaan kacamata hitam dapat membuat seseorang menderita kanker kulit.

Pemakaian kaca mata hitam, menurut narasi tersebut, akan menghalangi mata mendeteksi kerusakan bagian tubuh akibat sinar matahari. 

Padahal, paparan matahari yang membawa radiasi ultraviolet (UV) menjadi penyebab utama kanker kulit.

Kanker itu muncul karena radiasi UV matahari merusak DNA dalam sel kulit, sebagaimana diterangkan laman Primayahospital

Berikut isi narasi yang diubah ke dalam bahasa Indonesia:
"Mungkin terdengar sedikit aneh tapi kacamata hitam ternyata berdampak besar terhadap kanker kulit. Hal ini karena bahan-bahan tersebut menghalangi cahaya untuk memberikan sinyal kepada mata kita bahwa tubuh kita perlu bereaksi terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Coba pikirkan, bagaimana tubuh kita bisa tahu?".

Lalu, benarkah kacamata hitam sebabkan kanker kulit?
 
Tangkapan layar narasi hoaks yang menyatakan kanker kulit muncul akibat penggunaan kacamata hitam (x)


Penjelasan:
Ahli dermatologi asal Amerika Elisabeth Richard membantah konsep kacamata hitam sebagai "dalang" munculnya kanker kulit.

"Apakah ada bukti bahwa memakai kacamata hitam berbahaya bagi kesehatan mata atau kulit? Tidak," kata Elisabeth Richard dalam laporan AFP.

Justru, penggunaan kacamata hitam diperlukan untuk mencegah kanker, tepatnya kanker mata, menurut Profesor Klinis Oftalmologi di Fakultas Kedokteran Universitas New York Paul T. Finger.

Akademisi yang juga bekerja sebagai dokter di pusat perawatan kanker mata New York ini menjelaskan sinar ultraviolet (UV) dan sinar inframerah (IR) merupakan cahaya yang tidak terlihat oleh mata.

Walau tidak terlihat, kedua sinar tersebut tetap diserap oleh mata dan kelopak mata. Ketika semua bentuk cahaya diserap oleh tubuh, terjadi reaksi yang mengakibatkan panas dan perubahan kimia. 

Sinar ultraviolet sangat energik dan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada jaringan mata, dibandingkan sinar tampak.

Untuk itu, kacamata hitam menjadi salah satu alat yang dapat menurunkan risiko kanker mata. 

Dengan catatan kacamata hitam tersebut mampu memblokir semua radiasi UV atau cahaya dengan panjang gelombang di bawah 400 nm, jelas Finger dalam laman eyecancer.

Klaim: Kacamata hitam sebabkan kanker kulit
Rating: Hoaks

Baca juga: Pakar imbau anak muda ubah gaya hidup pemicu kanker 

Baca juga: Mahasiswa Unand ciptakan inovasi pendeteksi kanker kulit

Baca juga Tanda-tanda kanker kulit yang bisa dikenali diri sendiri


 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023