Bandung (ANTARA) — Dalam rangka memperkuat penjaminan bersama atas penjaminan usaha mikro di PT Penanaman Nasional Madani (PNM), telah diadakan acara rekonsiliasi bisnis yang dihadiri oleh perusahaan-perusahaan penjaminan yang terdiri dari PT Jamkrida Jabar, PT Jamkrida Jakarta, dan PT Sinarmas Penjaminan Kredit (SPK) serta Perusahaan Pialang Asuransi PT Mitra Proteksi Madani (MPM) di Hotel Mason Pine, Bandung, Jumat-Sabtu.

Dalam sambutannya, Direktur Operasional Jamkrida Jabar Agus Subrata mengatakan, acara ini bertujuan untuk memperkuat penjaminan bersama atas para nasabah yang ada di PNM melalui pialang asuransi MPM untuk sektor-sektor usaha ultra mikro dan mikro yang yang dikenal dengan program Ulamm dan program Mekaar. 

"Karena semua nasabah PNM yang kami jamin itu tergolong dalam UMKM dengan size ultra mikro dan mikro," ujar Agus, di sela-sela kegiatannya. 

Dia berharap, pertama, Jamkrida bisa membantu dalam menjamin UMKM sebagai mitra PNM. Kedua, kegiatan ini merupakan kolaborasi para perusahaan-perusahaan penjaminan untuk mitra-mitra PNM melalui pialang asuransi MPM sebagai konsultannya. Sehingga dalam upaya memperkuat kolaborasi tersebut perlu adanya rekonsiliasi bisnis secara rutin.

"Penjaminan atas UMKM ultra mikro dan mikro ini berbasis co-garansi. Melalui skema Co-garansi ini kita tidak menjamin mitra oleh hanya satu perusahaan penjaminan saja, akan tetapi sama-sama dengan perusahaan penjaminan yang lainnya, sehingga terjadi re-sharing sesama perusahaan penjaminan. Dengan demikian kalau ada klaim kita juga membayarnya secara bersama-sama. Ini semacam mitigasi risiko perusahaan penjaminan bila ada klaim kami tidak berat membayar sendiri, tapi kita tanggung klaim tersebut secara bersama-sama yg dikenal dengan nama co-garansi," paparnya. 

Sementara itu Direktur Pialang asuransi MPM Khairul Fata mengatakan, Jamkrida adalah mitra yang sudah bekerjasama sejak 2016 lalu. 

Selama ini, kata dia, Jamkrida memiliki rekam jejak cukup baik, serta memberikan servis yang sangat bagus kepada MPM khususnya, sehingga sampai detik ini masih berjalan dengan baik dengan Jamkrida. 

"Kalau masalah kendala sih, tentunya ada pasang surut, tapi kami masih saling menguntungkan, artinya sampai dengan tahun ketujuh ini kami masih bagus, kami saling membutuhkan, saling menguntungkan, sehingga bisa berjalan dengan panjang dengan bisnis ini," ucapnya. 

Sementara itu, President Director SPK Suwanto Somawidjadja menambahkan, sampai dengan saat ini pihaknya banyak melakukan kerjasama dengan perusahaan penjaminan dan Jamkrida adalah salah satunya. Dari awal berdiri, pihaknya sudah bekerjasama co-garansi dan kebetulan mitranya pialang asuransi MPM dari awal. 

"Kelebihan Jamkrida kalau menurut saya paling cepat, maksudnya dari tahap mulai kita ketemu dan kita melakukan co-garansi itu mungkin tahapannya sangat cepat, kebetulan direksinya langsung ketemu dan kita setuju untuk kerjasama, dalam waktu singkat kita langsung terbit sertifikat penjamin dan salah satunya MPM yg sudah kerjasaman dari awal," pungkasnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023