Jakarta (ANTARA) - Trigol Eddie Nketiah turut mewarnai kemenangan lima gol tanpa balas Arsenal atas Sheffield United pada pertandingan pekan kesepuluh Liga Premier Inggris di Stadion Emirates, London, Sabtu.

Selain trigol dari Eddie Nketiah, dua gol lainnya Arsenal lahir dari eksekusi penalti Fabio Vieira dan tendangan kaki kanan Takehiro Tomiyasu, demikian catatan Liga Inggris.

Kemenangan ini mengantarkan Arsenal naik ke peringkat kedua klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 24 poin dari 10 pertandingan, sedangkan Sheffield United tertahan di posisi juru kunci dengan satu poin.

Secara statistik Arsenal mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 67 persen penguasaan bola dan melepaskan 13 tendangan yang delapan di antaranya tepat sasaran.

Arsenal mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada pertandingan ini dan baru dapat membobol gawang Sheffield menit 28 lewat Eddie Nketiah.

Berawal dari umpan silang Declan Rice, bola sampai ke Nketiah yang dapat melepaskan tendangan kaki kanan dan membobol gawang Sheffield sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Selanjutnya pada sisa waktu babak pertama Arsenal terus menggempur lini pertahanan Sheffield, namun hingga turun minum skor 1-0 tetap bertahan.

Baca juga: Chelsea kembali takluk dari Brentford di Stamford Bridge

Memasuki babak kedua, Arsenal dapat menggandakan keunggulan pada menit 50 lewat gol kedua Nketiah yang memanfaatkan kesalahan lini belakang Sheffield sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Nketiah melengkapi penampilan impresifnya dengan hattrick pada pertandingan ini setelah menerima umpan Emile Smith Rowe dan membuat skor berubah menjadi 3-0 pada menit 58.

Arsenal memiliki peluang emas untuk menambah keunggulan setelah diberikan hadiah tendangan penalti setelah Oliver Norwood melanggar Fabio Vieira di kotak terlarang.

Vieira yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangannya mampu mengecoh kiper Sheffield Wesley Foderingham.

The Gunners menutup pertandingan ini dengan keunggulan 5-0 lewat gol yang dicetak oleh Takehiro Tomiyasu lewat tendangan kaki kanannya menit 90+6.

Selanjutnya Arsenal akan menghadapi Newcastle United pada pekan ke-11 Liga Inggris, Sabtu (4/11), sedangkan Sheffield United akan menjamu Wolves, di hari yang sama.

Baca juga: Tottenham kokoh di puncak klasemen seusai atasi Crystal Palace 2-1

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023