tiba tiba langsung muncul asap
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 12 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) membantu pemadaman api di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang di Bekasi, Jawa Barat.
 
"Untuk sementara, ada empat mobil tanki air Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST), dua damkar UPST, enam damkar dari DKI, dan empat damkar dari Kota Bekasi. Sedang lakukan pemadaman," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.
 
Asep menyebut peristiwa kebakaran terjadi sejak Minggu siang pukul 14.00 WIB di Zona 2 Jambore area TPST Bantargebang. Lokasi kebakaran tepat di depan "power house" dan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa).
 
"Bukan merupakan zona aktif. Info dari lapangan, tiba tiba langsung muncul asap dan memang di sekitar lokasi tersebut sampah kering dan kemudian tersapu angin kencang," jelas Asep.
 
Kabar kebakaran ini juga dibenarkan Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan. Pemadaman telah dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran dari Bekasi.
 
"Pemadam Jakarta bantu proses pemadaman TPA Bantar Gebang. Total ada 12 unit dengan 60 personel damkar yang dikerahkan," kata Satriadi.
 
Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti kebakaran TPST Bantargebang, luas area yang terbakar dan total kerugian.

Baca juga: DKI olah sampah menjadi bahan bakar alternatif di TPST Bantargebang
Baca juga: DLH DKI uji coba sistem pengolahan sampah jadi bahan bakar alternatif

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023