"Dalam peristiwa kebakaran yang melanda area TPA Jalupang, kepulan asap membumbung tinggi dan menyebar ke wilayah pemukiman warga,"
Karawang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jabar, membagikan ribuan masker kepada warga yang tinggal di dekat tempat pemungutan akhir (TPA) sampah Jalupang sebagai bentuk antisipasi terganggunya kesehatan warga akibat kebakaran di area TPA.

"Dalam peristiwa kebakaran yang melanda area TPA Jalupang, kepulan asap membumbung tinggi dan menyebar ke wilayah pemukiman warga," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang, Wawan Setiawan di Karawang, Minggu.

Sejak Sabtu (28/10) siang hingga Minggu ini, kebakaran yang melanda area TPA Jalupang masih menimbulkan kepulan asap.

Atas hal tersebut, kata Wawan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan setempat melakukan aksi bagi-bagi masker kepada warga yang tinggal dekat TPA sampah Jalupang.

Aksi bagi-bagi masker kepada warga setempat juga dibantu oleh jajaran TNI dan Polri.

"Jadi pembagian masker ini kami lakukan untuk mencegah penyakit ISPA yang mungkin saja terjadi akibat dari dampak kepulan asap kebakaran yang menyebar ke arah pemukiman warga," katanya.

Selain membagikan masker, kata dia, Pemkab Karawang juga menyiagakan puskesmas untuk melayani warga yang mengeluhkan penyakit pada saluran pernapasan akibat kebakaran yang terjadi di TPA sampah Jalupang.

Sementara itu, area TPA Jalupang yang berlokasi di Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Karawang, dilanda kebakaran sejak Sabtu (28/10) siang, dan hingga Minggu ini petugas masih melakukan pemadaman.

TPA sampah Jalupang itu luasnya mencapai 10 hektare. Sedangkan tumpukan sampah di area TPA itu kini telah mencapai sekitar 15 meter.

Kebakaran yang awalnya terjadi di titik selatan area TPA Jalupang, pada Minggu ini semakin meluas ke tumpukan sampah di titik utara.

Hingga Minggu ini petugas masih melakukan proses pemadaman, dan kepulan asap masih terlihat di lokasi. 
Baca juga: Karawang antisipasi masalah sampah akibat kebakaran di TPA Jalupang
Baca juga: BPBD tangani kebakaran di TPA sampah Jalupang Karawang
Baca juga: PMI edukasi warga sekitar TPA Rawa Kucing terkait bahaya asap

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023