Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas menyatakan kesiapan kelompok relawan tersebut memenangkan bakal pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024 pada basis pemilih Jokowi.

"Relawan ABJ akan fokus untuk memenangkan Gibran selaku cawapres dari Prabowo di kantong-kantong pemilih basis Jokowi yang memenangi Pilpres 2014 dan (Pilpres) 2019," kata Umbas dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Umbas menambahkan relawan ABJ telah turut mengantarkan Jokowi menjadi presiden selama dua periode. Sehingga, lanjut Umbas, ABJ telah memetakan kantong-kantong kemenangan di sejumlah provinsi, di antaranya Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Bali, dan Sumatera Utara.

"Kami akan terus bekerja simultan memenangkan Prabowo-Gibran," tambahnya.

Baca juga: Jokowi minta relawan tidak olok-olok dan fitnah hadapi Pemilu 2024

Prabowo-Gibran merupakan bakal pasangan capres-cawapres, yang telah mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024, diusung oleh sembilan partai, yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, dan Prima.

Umbas meyakini kecintaan rakyat kepada Jokowi sampai hari ini masih sama, karena ayah Gibran itu dianggap sebagai pemimpin yang lahir dari rakyat dan terus memperjuangkan keberlanjutan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Para pemilih yang memilih Jokowi perlu diyakinkan kembali tentang keberlanjutan, tentang proses menyempurnakan capaian yang sudah dilakukan di era Jokowi, dengan pasangan yang ada saat ini Prabowo-Gibran," kata Umbas.

Baca juga: Bara JP sebut pertemuan dengan Jokowi tidak bahas dukungan di Pilpres

Pada Pemilu 2019, Jokowi-Ma'ruf Amin meraup 2.368.982 suara atau 88,57 persen di NTT, sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 305.587 suara atau 11,43 persen.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres dan cawapres untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Kaesang ajak relawan Jokowi menangkan Prabowo-Gibran

Pewarta: Fauzi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023