Jakarta (ANTARA) - Konsumsi makanan alternatif dapat meningkat di masyarakat apabila bahan makanan tersebut diolah dengan baik sampai meningkatkan cita rasanya, demikian menurut dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari RSIA Dedari Kupang, dr. Andree Hartanto, Sp.OG.

“Kita tidak bisa memungkiri bahwa sebagai manusia, kita pasti punya selera atas rasa masing-masing,” kata Andree saat gelar wicara bersama IKKT Pragati Wira Anggini di Jakarta, Senin.

Kesimpulan tersebut didapatkan setelah dia mendapati para ibu di Nusa Tenggara Timur enggan memakan biskuit kaya gizi bantuan pemerintah maupun sajian daun kelor (Moringa oleifera) yang kaya nutrisi karena rasanya kurang enak. Andree, yang memiliki restoran yang mengolah daun kelor menjadi berbagai makanan, mengatakan bahwa daun tersebut dapat dikreasikan menjadi beragam sajian, seperti nasi kelor, biskuit kelor, teh kelor, bahkan sampai gelato kelor.

Baca juga: Daun kelor bisa jadi pilihan makanan alternatif yang bergizi

Selain membuat rasa daun kelor lebih dapat diterima di lidah, dia juga menyoroti pentingnya edukasi tentang manfaat mengonsumsi daun kelor sehingga masyarakat paham bahwa tumbuhan tersebut ternyata bisa dimakan dan kaya akan gizi.

“Kita selama ini berpikir kalau daun kelor itu adalah untuk mengusir setan, memandikan jenazah, atau lainnya. Stigma ini harus kita ubah,” kata Andree menegaskan.

Pemerintah terus mempromosikan konsumsi makanan alternatif melalui diversifikasi pangan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat pada satu produk pangan tertentu, khususnya selama fenomena El Nino terjadi.

Sebelumnya, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan sorgum dan jagung adalah beberapa komoditas yang dapat menjadi alternatif pangan dalam menghadapi dan beradaptasi pada kenaikan suhu akibat perubahan iklim.

Kepala Pusat Riset Tanaman Pangan BRIN Yudhistira Nugraha, Jumat (20/10), mengatakan, walaupun peralihan komoditas bisa menjadi suatu opsi untuk beradaptasi menghadapi dampak perubahan iklim, hal tersebut harus diikuti dengan perubahan kebiasaan makan yang bisa dilakukan sejak dini.

Baca juga: BRIN: Sorgum dan jagung jadi alternatif pangan hadapi perubahan iklim

Baca juga: BKKBN ajak masyarakat jadikan jagung sumber pangan alternatif

Baca juga: Umbi garut dikembangkan BRIN jadi sumber pangan


Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023