Makassar (ANTARA) - Dua siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 2 Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, berhasil meraih enam juara pada kompetisi 12th World Robotic Training for Peace 2023 di Singapura.

Bupati Iksan Iskandar menerima langsung
rombongan Tim Robotik MTsN 2 Jeneponto yang dipimpin Kepala Madrasah Hj Nuraedah di Jeneponto, Senin.

Dua orang siswi yang mengikuti kompetisi 12th World Robotic Training for Peace 2023 di Singapura adalah Aqilah Sahrani Nur dan Ananda Islam Rola dengan mengikuti kategori Cooding Pro, Transporter IOT, Soccer IOT 500gr, LF Analog, Best Poin LF Analog Mikro dan kategori Sumo IOT 1Kg.

"Dari enam kategori yang diikuti, semua kategori berhasil meraih juara," ungkap
Kepala MTSN 2 Jeneponto Hj Nuraedah.

Baca juga: Tim Robotik MTsN 1 Pati raih medali perunggu di Asian Junior Robot Cup

Baca juga: Tim robotik tiga madrasah Sulsel raih emas WRP Malaysia


Siswi ini berhasil meraih empat juara I dan dua juara II, yakni, juara 1 di kategori Cooding Pro, juara 1 kategori Transporter IOT, juara 1 kategori Soccer IOT 500gr, juara 1 Kategori LF Analog. Sementara pada juara 2 dengan kategori Best Poin LF Analog Mikro dan kategori Sumo IOT 1Kg.

Pada kesempatan itu, Hj Nuraedah juga menyampaikan bahwa sebelum berangkat ke Singapura, pihaknya melakukan persiapan dengan mendatangkan pelatih khusus.

"Perlu juga saya sampaikan, untuk mengikuti lomba tersebut, kami mendatangkan pelatih khusus untuk melatih anak-anak, itu kami bayar per jam, dan keberangkatan kami Alhamdulillah didukung oleh pihak PLTB Tolo Jeneponto," ujar Hj Nuraedah.

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menyampaikan rasa bangga atas keberhasilan dua siswa MTsN 2 Jeneponto, meraih prestasi yang sangat luar biasa di kancah Internasional.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jeneponto, saya sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada siswa, Kepala sekolah dan guru MTSN 2 Jeneponto yang telah mengharumkan nama daerah kita Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan dan Bangsa Indonesia di tingkat Internasional," urai Iksan Iskandar.

Bupati Jeneponto dua periode itu menegaskan kepada Sekda Arifin Nur agar prestasi yang diraih oleh MTSN 2 itu diupacarakan di peringatan hari bersejarah.

Pada kesempatan itu, Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar menyematkan medali yang diraih kepada Aqilah Sahrani Nur dan Ananda Islam Rola.*

Baca juga: Kemenag umumkan sembilan madrasah juara kompetisi robotik

Baca juga: Siswa MAN 2 Malang ciptakan robot penyapu sampah jalanan

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023