Jakarta, Indonesia, (ANTARA/PRNewswire)- Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance), perusahaan asuransi umum terkemuka, dan organisasi rekanannya, Sompo Environment Foundation, dengan bangga merayakan selesainya Program Magang Pembelajaran LSM Lingkungan yang ke-5 di Indonesia. Penyelesaian dan perayaan ini menekankan komitmen Sompo untuk mendorong perubahan yang berkelanjutan dan positif dengan melibatkan mahasiswa Indonesia dan membina mereka menjadi pemimpin yang sadar akan lingkungan.


Program Magang Pembelajaran LSM Lingkungan telah menarik lebih dari 1.200 peserta. Program unik yang ditawarkan secara eksklusif di luar Jepang oleh SOMPO Environment Foundation ini, kini telah memasuki tahun kelimanya. Dengan dukungan penuh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, program ini secara konsisten membina dan memberdayakan bakat-bakat muda di Indonesia untuk mendapatkan pengetahuan praktis tentang isu-isu lingkungan.

Upacara kelulusan ini merayakan pencapaian 25 peserta magang terpilih, yang telah menghabiskan waktu selama beberapa bulan di LSM yang ditugaskan. Para peserta magang yang berdedikasi ini telah bekerja untuk mendorong perubahan yang berdampak pada isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan, seperti mendukung program konservasi lingkungan dan upaya-upaya yang ada melalui penjangkauan masyarakat, produksi konten yang relevan, pengelolaan hutan kemasyarakatan, dan masih banyak lagi. LSM yang berpartisipasi antara lain Benua Lestari Indonesia, BIOCert, Borneo Orangutan Survival (BOS), Burung Indonesia, Yayasan DeTara, Forum Komunikasi Kehutanan Masyarakat (FKKM), HuMa, Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif, dan YIARI.

"Masalah lingkungan terus bergejolak, dan sangat penting bagi kami untuk memberdayakan para anak muda dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini secara langsung dan tepat. Program Magang Pembelajaran LSM Lingkungan ini menumbuhkan rasa kebersamaan dan meningkatkan pemikiran kritis di kalangan anak muda saat ini. Program ini juga membekali mereka untuk menghadapi tantangan lingkungan di masa depan dengan kreativitas dan tekad yang kuat," ujar Eric Nemitz, Presiden Direktur Sompo Insurance.

Hadir dalam acara peresmian tersebut perwakilan dari Sompo Insurance Indonesia, Yoshikazu Nishiwaki, Direktur Eksekutif Sompo Environment Foundation, Latipah Hendarti, Direktur Yayasan DeTara, dan Makoto Yata, Direktur Jenderal JEEF Indonesia. Mewakili para LSM, Latipah berkomentar, "Tantangan lingkungan di Indonesia sangat mendesak, dengan penggundulan hutan, polusi plastik, dan hilangnya habitat yang mengancam keanekaragaman hayati yang unik. Kami berharap Program Magang Pembelajaran LSM Lingkungan dapat menginspirasi dan terus merealisasikan para pemimpin muda di bidang lingkungan untuk melindungi kekayaan alam kita dan membangun masa depan yang berkelanjutan bagi Indonesia."

Selain Program Magang Pembelajaran LSM Lingkungan, Sompo Insurance juga membentuk Sompo Alumni Idea Fund, yang memberikan hibah dan kesempatan bagi para lulusan untuk melanjutkan proyek-proyek lingkungan mereka. Tahun ini, dua alumni program LSM yang terpilih secara aktif mengerjakan proyek mereka, yang bertujuan untuk memberikan solusi nyata dan tepat waktu untuk masalah-masalah yang mendesak di masyarakat setempat. Diharapkan pada Desember 2023, kedua alumni tersebut akan mendapatkan hasil yang nyata dari usaha mereka masing-masing.

Sompo melihat kembali lima tahun keterlibatan yang berdampak dan menantikan hasil yang menjanjikan dari Sompo Alumni Idea Fund, dan Sompo menegaskan kembali komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dan pengembangan pemimpin masa depan yang akan terus memperjuangkan tujuan-tujuan ini.

Tentang Program Magang Pembelajaran LSM Sompo 
Sompo Environment Foundation (SOMPOEF), bersama dengan Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance), meluncurkan Program Magang Pembelajaran LSM Lingkungan di Indonesia pada 6 Februari 2019. Program ini bertujuan membantu mahasiswa Indonesia untuk memperluas pengetahuan mereka tentang berbagai masalah lingkungan, perubahan iklim, konservasi hutan, dan untuk memperluas kesadaran mereka tentang bagaimana LSM lingkungan bekerja untuk mengatasi beragam masalah selama periode program magang delapan bulan. Siswa yang mengikuti program ini akan didanai oleh Sompo Environment Foundation selama program magang. Program berjalan atas kolaborasi bersama dengan Japan Environmental Education Forum (JEFF).

Tentang Sompo Insurance Indonesia
Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) adalah perusahaan asuransi global asal Jepang dan merupakan bagian dari Sompo Holdings, salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Jepang dan 10 besar di dunia. Sompo Insurance telah meindungi keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan pelanggannya di Indonesia sejak tahun 1975. Sompo Insurance memberikan solusi asuransi umum untuk melindungi bisnis dan individu terhadap risiko terkait kesehatan, kecelakaan diri, perjalanan, kendaraan bermotor, kargo, kebakaran, gempa bumi, dan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sompo Insurance Indonesia, silakan kunjungi www.sompo.co.id

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023