Saat pertemuan APEC, akan datang Presiden Korsel dan ... berharap dapat bertemu dengan Presiden (Yudhoyono) secara bilateral...
Nusa Dua (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Korea Selatan Yun Byung-se menyampaikan keinginan Presiden Park Geun-hye untuk bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di sela-sela Pertemuan Puncak Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2013 guna membahas hubungan kedua negara.

"Saat pertemuan APEC, akan datang Presiden Korsel dan ... berharap dapat bertemu dengan Presiden (Yudhoyono) secara bilateral untuk melihat kembali kerjasama apa yang bisa diutamakan," kata Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah di Nusa Dua, Bali, Jumat, seusai mendampingi Presiden menerima kunjungan kehormatan Yun Byung-se.

Indonesia, tepatnya Bali, akan menjadi tuan rumah Pertemuan Puncak APEC pada Oktober 2013. Sebelumnya Indonesia pernah menjadi tuan rumah APEC pada era pemerintahan Presiden Soeharto.

Lebih lanjut, Faiza menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu Presiden Yudhoyono mengirimkan Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chaerul Tanjung sebagai utusan khusus untuk menyampaikan surat kepada Presiden baru Korea Selatan.

"Jadi esensi dari kunjungan kehormatan Menlu Korsel adalah untuk menyampaikan jawaban dari Presiden Korsel," katanya tanpa mengelaborasi lebih jauh isi surat tersebut.

Menurut Faiza, dalam pertemuan tersebut juga dibahas keinginan Indonesia untuk meningkatkan hubungan kerja sama perdagangan, investasi dan industri kreatif.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu serta Chaerul Tanjung.

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013