Penyaluran pembiayaan bank naik sebesar 81 persen bila dibandingkan posisi Desember 2022
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Aladin Syariah Tbk mencatat pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 256 persen per kuartal III 2023 yang ditopang oleh persebaran nasabah, baik dari sisi korporasi maupun ritel.

"Sampai dengan kuartal III tahun 2023, kami telah melakukan banyak pencapaian kinerja yang memberikan dampak positif bagi Bank Aladin Syariah, termasuk pada penghimpunan DPK yang terus meningkat," kata Presiden Direktur Bank Aladin Syariah Dyota Marsudi di Jakarta, Selasa.

Di samping itu, penyaluran pembiayaan bank naik sebesar 81 persen bila dibandingkan posisi Desember 2022.

Kenaikan itu berasal dari kolaborasi ekosistem Bank Aladin Syariah dengan Alfamart Group dalam penyaluran produk pembiayaan invoice financing, pembiayaan modal kerja dan pembiayaan investasi untuk nasabah UMKM & korporasi, serta pembiayaan multiguna untuk nasabah ritel.

Dari kolaborasi tersebut, kualitas pembiayaan Bank Aladin Syariah terjaga dengan rasio non-performing financing (NPF) berada pada level 0,00 persen.

Sementara itu, aset bank pada kuartal III tumbuh sebesar 28 persen. Pendapatan pengelolaan dana bank sebagai mudharib juga mengalami peningkatan signifikan sebesar 393 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Dyota menjelaskan tahun ini bank telah melakukan berbagai langkah untuk memperluas layanan perbankan ke segmen ritel dan segmen korporasi, di antaranya peluncuran QRIS, corporate internet banking, serta produk deposito.

Bank juga menjalin kerja sama strategis bersama sejumlah mitra untuk meningkatkan layanan digital.

Sampai dengan September 2023, aplikasi Bank Aladin Syariah tercatat telah diunduh sebanyak lebih dari 5 juta nasabah. Sedangkan pengguna yang teregistrasi secara aktif mencapai lebih dari 3 juta nasabah, naik 36 persen dari posisi Juni 2023.

Adapun terkait pembiayaan kegiatan usaha berkelanjutan, bank telah menyalurkan pembiayaan kepada segmen UMKM dan pembiayaan kepada sektor-sektor hijau.

Dyota menyebut langkah itu merupakan upaya kontribusi bank terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Baca juga: Bank Aladin Syariah salurkan pembiayaan Rp2,1 triliun di semester I
Baca juga: Bank Aladin Syariah bukukan pembiayaan lebih dari Rp1,3 Triliun
Baca juga: Aladin Bank luncurkan fitur tarik setor tunai di Alfamart


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023