Kami memberikan bantuan keuangan khusus desa sebesar Rp300 juta kepada setiap desa, yang diperuntukkan untuk UMKM yang ada di desa
Morowali Utara, Sulawesi Tenga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, memberikan bantuan keuangan khusus (BKK) desa Rp300 juta kepada setiap desa guna mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu.
 
"Kami memberikan bantuan keuangan khusus desa sebesar Rp300 juta kepada setiap desa, yang diperuntukkan untuk UMKM yang ada di desa," kata Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi di Kabupaten Morut, Selasa.
 
 
Ia mengatakan program bantuan dana usaha tersebut sebagai salah satu upaya menggerakkan perekonomian di desa, serta mendorong masyarakat untuk memanfaatkan peluang dan potensi yang ada di desanya.
 
 
Menurut dia, bantuan dana diberikan agar pelaku UMKM dapat lebih mengembangkan usaha mereka dan semakin menumbuhkan perekonomian masyarakat di daerah tersebut.
 
 
"Dengan berkembangnya UMKM juga dapat meningkatkan pendapatan serta perekonomian masyarakat yang diharapkan dapat semakin mewujudkan kesejahteraan masyarakat daerah tersebut," katanya.
 
 
Adapun bantuan dana diperuntukkan bagi UMKM yang ada di desa, baik itu kelompok pemuda, kelompok perempuan, atau kelompok tani/nelayan. Bantuan usaha tersebut diberikan kepada 122 desa yang di tiga kelurahan, serta 10 kecamatan yang ada di daerah Morowali Utara.
 
Ia menyampaikan bahwa bantuan modal usaha tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Morut kepada masyarakatnya dan komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
"Ini adalah salah satu upaya pemerintah kabupaten dalam membangun ekonomi dengan mendukung pengembangan UMKM, yang tentu saja akan selalu kami upayakan," katanya.

Baca juga: Kemendagri harapkan belanja desa bisa tepat sasaran

Baca juga: Mendes PDTT: Dana desa pilar utama pendukung aktivitas masyarakat



 

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023