Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kabupaten Morowali Utara bekerja sama meningkatkan kompetensi guru di daerah tersebut.

"Peningkatan kompetensi guru dilakukan melalui program pendidikan profesi guru," kata Dekan FTIK UIN Palu Askar di Sigi, Senin.

Penandatanganan kerja sama itu oleh Dekan FTIK UIN Palu Askar dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Morowali Utara Moh Ridwan di Kampus II UIN Datokarama Palu di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Senin.

Ia menjelaskan PPG program nasional yang diselenggarakan pemerintah, salah satu tujuannya meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pendidikan dan pembelajaran di kelas.

"UIN Palu, khususnya FTIK, mendapat kepercayaan pemerintah untuk menyelenggarakan program nasional tersebut," ujar dia.

Kepercayaan yang diberikan pemerintah kepada UIN Palu ditandai dengan pembentukan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang melekat pada FTIK.

"Kepercayaan ini menjadi modal bagi UIN Palu untuk bersinergi dengan berbagai pemerintah daerah dalam mengembangkan kompetensi guru," ungkap Askar.

Peningkatan kompetensi guru difokuskan pada kompetensi profesional, pedagogik, personal, dan sosial.

Untuk meningkatkan kompetensi tersebut, ujar dia, FTIK melibatkan 84 pengajar dalam program PPG meliputi 68 dosen dan 16 guru pamong.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Morowali Utara Moh Ridwan, berterima kasih kepada FTIK UIN Palu terkait dengan kerja sama tersebut.

Ia berharap, kerja sama itu berdampak langsung terhadap upaya Pemkab Morowali Utara mengembangkan sumber daya manusia (SDM) generasi muda di daerah tersebut.

Rektor UIN Datokarama Sagaf S. Pettalongi mengemukakan PPG salah satu program nasional yang menjadi pendekatan dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru.

"Pemerintah bertekad untuk terus membangun sumber daya manusia yang unggul secara berkelanjutan, maka salah satu pendekatannya dilakukan melalui peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru lewat PPG," ucapnya.

Ia mengemukakan pembinaan dan peningkatan kompetensi serta profesionalitas guru penting dilakukan, seiring dengan kemajuan perkembangan zaman yang ditandai dengan kehadiran teknologi sistem informasi dan komunikasi berbasis digital.

Dalam konteks perkembangan tersebut, ujar dia, guru menghadapi berbagai dinamika dan tantangan dalam melaksanakan tugas dan fungsi mereka.

"Sehingga peningkatan kompetensi dilakukan agar guru terus melakukan pembaharuan-pembaharuan pengembangan ilmu, pengetahuan, pengajaran, yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan," ungkapnya.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Morowali Utara, Moh Ridwan (kanan) foto bersama Dekan FTIK UIN Palu Askar menandatangani naskah perjanjian kerja sama di Sigi, Senin (5/6/2023). (ANTARA/HO-FTIK UIN Datokarama)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023