Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Jepang U-17 Yoshiro Moriyama percaya diri timnya dapat melangkah jauh di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, 10 November sampai 2 Desember.

“Sangat percaya diri. Saya merasa tim siap menghadapi tantangan untuk mewujudkan sesuatu. Mereka ingin menang dan menang dengan baik,” kata Moriyama, dikutip dari laman resmi FIFA, Selasa.

Kepercayaan diri Moriyama juga didukung hasil positif Jepang yang baru saja memenangkan Piala Asia U-17 untuk keempat kalinya, Juli, saat mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-0.

“Hal ini memberi tahu saya bahwa kami telah berkembang sebagai sebuah tim. Kami memiliki peluang realistis untuk mendapatkan hadiah utama di setiap kelompok umur dan cara kami mengembangkan pemain agar terus berkembang,” ujar pelatih 55 tahun itu.

Di Piala Dunia U-17, Negeri Samurai Biru tergabung di grup cukup berat, yaitu Grup D bersama Argentina yang merupakan finalis Copa America U-17 2023, Polandia yang merupakan semifinalis Piala Eropa U-17 2023, dan juga Senegal sebagai juara Piala Afrika U-17 2023.

Sebagai pelatih, meski tergabung dengan tim-tim kuat dari masing-masing benua, Moriyama optimistis timnya dapat bersaing dan melaju lebih jauh dari sekadar mencapai perempat final, babak terjauh yang pernah ditempuh.

“Skuad Polandia sangat agresif dan telah mencetak gol dalam beberapa kemenangan persahabatan terakhir mereka. Namun kami merasa pertahanan dan serangan kami tepat sasaran, jadi kami akan mengincar kemenangan dan tidak kebobolan. Argentina juga memiliki banyak pemain berkualitas, dengan tim senior mereka yang menduduki peringkat satu dunia,” ucap Moriyama.

Baca juga: Indonesia petakan kekuatan lawan di penyisihan grup Piala Dunia U-17

“Adapun Senegal, mereka adalah juara Afrika. Gaya permainannya berbeda dari dua tim lainnya dan Jepang mungkin kesulitan dengan fisik mereka yang tidak biasa,” tambahnya.

Lebih lanjut, Moriyama juga berharap, Piala Dunia U-17 menjadi ajang yang tepat bagi pemain-pemain mudanya untuk menjadi tulang punggung tim senior Jepang di masa depan mengikuti jejak Tafekusa Kubo dan Yukinari Sugawara.

“Saat ini, semakin banyak pemain reguler senior yang memiliki pengalaman di kompetisi sebelumnya seperti Tafekusa Kubo dan Yukinari Sugawara,” ucap Moriyama.

“Jumlah mereka yang berhasil lolos dari tim-tim tersebut ke tim senior Jepang terus bertambah. Kami berharap Piala Dunia U-17 menjadi langkah besar bagi para pemain dalam hal pengalaman turnamen untuk mempersiapkan mereka menghadapi standar tim senior,” tutupnya.

Baca juga: Bima paparkan sebab gagalnya timnas U-17 uji coba dengan Jerman
Baca juga: Jardim berlatih keras demi bela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023