Jakarta (ANTARA) - Grup D Piala Dunia U17 Indonesia dihuni oleh empat negara yang sama-sama belum pernah mencicipi gelar juara turnamen ini yaitu Argentina, Polandia, Senegal dan Jepang.
 
Torehan terbaik dari empat penghuni Grup D ini adalah juara ketiga yang pernah didapatkan tiga kali oleh Argentina dan Polandia yang sekali mendapat posisi keempat, namun Jepang serta Senegal tidak bisa dipandang sebelah mata.
 
Tentu banyak pihak yang akan menjagokan Argentina melenggang mudah ke babak 16 besar, namun bukan Piala Dunia namanya kalo tidak dibumbui kejutan.
 
Jepang, Polandia dan Senegal memiliki peluang untuk memberikan kejutan, terlebih pada kelompok umur, kekuatan dari masing-masing negara masih sukar untuk diprediksi.

 
Berikut profil keempat negara dalam Grup D yang dihimpun dari berbagai sumber:
 
Argentina
 
Pencapaian terbaik Piala Dunia U17: peringkat ketiga 1991, 1993, 2003, peringkat keempat
 
Pencapaian terbaik turnamen lain: Juara Copa America U17 1985, 2003, 2013, 2019
 
Argentina mengunci satu tempat di putaran final Piala Dunia U17 2023 Indonesia setelah menduduki peringkat ketiga Copa America U17 2023.
 
Pada ajang tersebut, Argentina tercatat mampu mengemas dua kemenangan, satu hasil imbang dan menelan dua kekalahan dari lima pertandingan.
 
Hasil tersebut menempatkan Argentina pada peringkat ketiga klasemen akhir Copa America U17 2023 dengan tujuh poin di bawah Brazil serta Ekuador.
 
Skuad
 
Penjaga Gawang: Froilan Diaz, Florentin Jeremias, Franco Villalba.
Bek: Ulises Gimenez, Octavio Ontivero, Dylan Gorosito, Juan Villalba, Valente Pierani, Tobias Palacio, Juan Gimenez.
Gelandang: Mariano Gerez, Gustavo Albarracin, Claudio Echeverri, Thiago Laplace, Valentino Acuna, Kevin Gutierrez, Franco Mastantuono.
Penyerang: Ian Subiarbe, Agustin Ruberto, Santiago Lopez, Maher Carrizo.
 
Pelatih: Diego Placente.

Setelah lebih dari 15 tahun menjadi pemain di tim seperti River Plater, Bayer Leverkusen, dan Girondins de Bordeaux, Placente mengambil alih jabatan pelatih tim U15 pada tahun 2017.

Ia memimpin timnya ke kejuaraan Amerika Selatan, sebelum menjadi asisten pelatih tim U20 bersama Pablo Aimar. Pada tahun 2021, ia ditunjuk sebagai pelatih kepala U-17.
 
Pemain penting: Claudio Echeverri.

Gelandang asal klub River Plate tersebut sudah mencatatkan debut senior bersama klub itu dan tercatat menjadi salah satu pencetak gol terbanyak ajang Copa America U17 2023 dengan lima gol. Menjadi salah satu pemain penting dalam tim ini, ia dikenal memiliki kemampuan menggiring bola yang cerdik serta mahir dalam situasi satu lawan satu.
 
Jadwal pertandingan:
 
(11/11) vs Senegal, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 19.00 WIB.
 
(14/11) vs Jepang, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 19.00 WIB.
 
(17/11) vs Polandia, Jakarta International Stadium, Jakarta, 16.00 WIB.
 
Polandia
 
Pencapaian terbaik Piala Dunia U17: peringkat keempat 1993
 
Pencapaian terbaik turnamen lain: semifinalis Euro U17 2012, 2023
 
Polandia memastikan diri satu tempat di Piala Dunia U17 2023 setelah berhasil menembus babak semifinal Euro U17 2023 meski akhirnya kalah dari Jerman 3-5.
 
Pada fase penyisihan grup Euro U17 2023, Polandia tercatat menjadi juara Grup A dengan total enam poin dari tiga pertandingan setelah mengalahkan Irlandia dan Hungaria, namun mereka takluk dari Wales.
 
Selanjutnya pada babak perempat final, Polandia mampu mengalahkan Serbia dengan skor 3-2 berkat gol Kryzanowski, Mikolajewski dan Rejcyzk, sekaligus membuat mereka mengamankan tiket putaran final Piala Dunia U17 2023.
Skuad
 
Penjaga gawang: Milosz Piekutowski, Michal Matys, Robin Lisewski.
Bek: Dominik Szala, Jakub Kryzanowski, Igor Orlikowski, Michal Gurgul, Piotr Kowalik.
Gelandang: Maksymilian Sznaucner, Filip Wolski, Karol Borys, Krzysztof Kolanko, Szymon Lyczko, Filip Rozga, Igor Brzyski, Jan Labedzki, Marcel Regula.
Penyerang: Oskar Tomczyk, Daniel Mikolajewski, Mateusz Skoczylas, Mike Huras.
 
Pelatih: Marcin Wlodarski
 
Wlodarski adalah orang berjasa membawa negara ini kembali ke putaran final Piala Dunia U-17, dan ia melakukannya dengan menerapkan gaya sepak bola yang menarik serta telah membangkitkan optimisme bahwa negara ini dapat lolos dari Grup D yang kompetitif.
 
Pemain penting: Daniel Mikolajewski

Salah satu dari banyak bintang di lini serang tim Polandia, Mikolajewski tampil menonjol di putaran final Euro, di mana ia mencetak dua gol pada babak sistem gugur. Saat ini berseragam tim muda Parma, penyerang dinamis ini adalah salah satu pemain yang patut diwaspadai di Indonesia.
 
Jadwal pertandingan:
 
(11/11) vs Jepang, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 16.00 WIB.
 
(14/11) vs Senegal, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 16.00 WIB.
 
(17/11) vs Argentina, Jakarta International Stadium, Jakarta, 16.00 WIB.
 
Senegal
 
Pencapaian terbaik Piala Dunia U17: Babak 16 besar 2019
 
Pencapaian terbaik turnamen lain: Juara Piala Afrika U17 2023
 
Senegal datang ke Piala Dunia U17 2023 Indonesia dengan percaya diri setelah lolos ke turnamen tersebut dengan status sebagai juara Piala Afrika U17 2023.
 
Negara asal Afrika Barat tersebut tercatat menorehkan hasil sempurna ketika bertarung pada babak penyisihan grup Piala Afrika U17 2023 dengan mengalahkan Aljazair, Kongo dan Somalia.
 
Berstatus sebagai juara Grup A, Senegal bertemu Afrika Selatan pada babak perempat final dan mampu menang telak dengan skor 5-0. Selanjutnya mereka mengalahkan Burkina Faso pada babak semifinal lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1.
 
Pada partai final, Senegal berhadapan dengan Maroko untuk bersaing merengkuh gelar juara dan mereka bisa menang dengan skor tipis 2-1.
 
Skuad
 
Penjaga gawang: Serigne Diouf, Macoura Mboup, Bamba Fall.
Bek: Mamadou Diallo, Fallou Diouf, Boubacar Ba, Guy Lima, Ibrahima Diallo.
Gelandang: Daouda Diong, Saliou Faye, Alpha Toure, Pierre Dorival.
Penyerang: Clayton Diandy, Yaya Dieme, Omar Sall, Amara Diouf, Mamadou Gning, Mamadou Sawane, Idrissa Gueye, Cherif Njabaly.
 
Pelatih: Serigne Dia.

Pelatih Senegal U17 sejak 2021, Dia sebelumnya adalah seorang guru pendidikan jasmani sebelum menjalankan kualifikasi kepelatihan resminya. Pada tahun 2015, ia memimpin tim Senegal meraih medali emas di African Games di Republik Kongo.
 
Pemain penting: Amara Diouf
Seorang penyerang muda yang sangat berbakat, Diouf sudah menjadi pemain internasional termuda di Senegal. Dia melakukan debut untuk tim nasional senior pada usia 15 tahun 94 hari pada September 2023, masuk sebagai pemain pengganti dalam pertandingan kualifikasi Piala Afrika yang berakhir imbang 1-1 melawan Rwanda.
 
Diouf sebelumnya tampil memukau selama kampanye Piala Afrika U17 2023 yang dimenangkan Senegal, mencetak lima gol untuk finis sebagai pencetak gol terbanyak kompetisi tersebut. Ia memecahkan rekor gol dalam satu edisi turnamen, yang sebelumnya dipegang oleh superstar Nigeria Victor Osimhen.
 
Jadwal pertandingan:
 
(11/11) vs Argentina, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 19.00 WIB.
 
(14/11) vs Polandia, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 16.00 WIB.
 
(17/11) vs Jepang, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 16.00 WIB.
 
Jepang
 
Pencapaian terbaik Piala Dunia U17: perempat final 1993, 2011
 
Pencapaian terbaik turnamen lain: Juara Piala Asia U16 1994, 2006, 2018, 2023
 
Jepang merupakan negara dengan partisipasi terbanyak pada ajang Piala Dunia U17 dari kawasan Asia dengan total 10 penampilan.
 
Skuad Samurai Biru lolos ke putaran final Piala Dunia U17 2023 Indonesia setelah mampu meraih gelar juara Piala Asia U16 2023 di Thailand.
 
Berstatus sebagai juara bertahan, Jepang lolos ke perempat final setelah menjuarai babak kualifikasi Grup D setelah mengalahkan India dan Vietnam, serta bermain imbang kontra Uzbekistan.
 
Pada babak perempat final, Jepang berhasil menyingkirkan Australia dengan skor 3-1 dan ketika fase semifinal, mereka mampu mengalahkan Iran dengan skor 3-0.
 
Ketika berlaga di partai puncak, Jepang menegaskan status mereka sebagai juara bertahan dengan mengalahkan Korea Selatan dengan skor telak 3-0.
Skuad
 
Hampir serupa dengan Argentina dan Senegal, semua pemain Timnas Jepang U17 berkompetisi di dalam negeri dan beberapa di antaranya bersama klub sekolah.
 
Penjaga gawang: Wataru Goto, Taisei Kambayashi, Alexandre Pisano.
Bek: Haruto Matsumoto, Keita Kosugi, Kaito Tsuchiya, Kotaro Honda, Shibata Shotaro, Shuto Nagano, Katsuma Fuse.
Gelandang: Joi Yamamoto, Yotaro Nakajima, Ryonusuke Yada, Ryonusuke Sato, Yumeki Yoshinaga, Gakuto Kawamura.
Penyerang: Yutaka Michiwaki, Rento Takaoka, Gaku Nawata, Homare Tokuda, Alen Inoue.
 
Pelatih: Yoshiro Moriyama.

Setelah gantung sepatu pada tahun 1999, penunjukan Moriyama sebagai pelatih tim muda Sanfrecce Hiroshima menandai langkah pertamanya di jenjang kepelatihan.
 
Pada tahun 2015, ia diberi kesempatan untuk melatih tim nasional Jepang U15, sebelum pindah ke tim U17 pada tahun 2017. Bersama Timnas Jepang U17, Moriyama sukses meraih dua gelar Piala Asia U17 secara beruntun pada tahun 2018 dan 2023.
 
Pemain penting: Gaku Nawata

Tipikal gelandang serang unggul dalam penguasaan bola, serta memiliki jangkauan umpan yang baik dan kemampuan mencetak gol, Nawata diyakini akan berangkat ke Indonesia sebagai salah satu bintang paling cemerlang di turnamen ini.
 
Dia menikmati perjalanan Piala Asia U17 yang luar biasa di Thailand, finis sebagai pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak dengan lima gol, termasuk tendangan bebas yang luar biasa di final.
 
Jadwal pertandingan:
 
(11/11) vs Polandia, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 16.00 WIB.
 
(14/11) vs Argentina, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 19.00 WIB.
 
(17/11) vs Senegal, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 19.00 WIB.

Baca juga: Pemkab Bandung pastikan Si Jalak Harupat siap dipakai Piala Dunia U-17
Baca juga: Bima tegaskan Indonesia tak gentar hadapi lawan di Piala Dunia U-17

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023