Ternate, 14 Juni 2013 (ANTARA/Pushumas Kemenhut) -- Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Wayamiga, Kabupaten Halmahera Selatan, Provonsi Maluku Utara pada hari Kamis, 13 Juni 2013 dalam rangka sosialisasi program pro rakyat Kementerian Kehutanan.

     Dalam kesempatan tersebut Menhut menyatakan bahwa program pro rakyat di bidang kehutanan untuk tahun 2010-2014 meliputi sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pengentasan kemiskinan dan penyediaan lapangan kerja.

    Dalam kesempatan tersebut Menhut menyatakan bahwa Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) memiliki potensi lahan dan hutan yang masih cukup luas untuk dikembangkan bagi kepentingan masyarakat. Oleh karena itu pemerintah melalui Kementerian Kehutanan akan terus mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program pro rakyat di bidang kehutanan meliputi Hutan Tanaman Rakyat (HTR), Hutan Kemasyarakatan (HKm), Hutan Desa (HD), Kebun Bibit Rakyat (KBR), Hutan Rakyat dan Pinjaman Dana Bergulir Biaya Pembangunan Hutan yang semua itu ditujukan dalam rangka pencapaian Pengelolaan Hutan Lestari (PHL).

     HTR hanya di Hutan Produksi dimana tujuan utamanya untuk menghasilkan komoditas kayu. Kebijakan HKm diluncurkan untuk meningkatkan kapasitas kewirausahaan masyarakat melalui pemberian ijin usaha pemanfaatan kayu. Sedangkan Hutan Desa dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa setempat yang berada di sekitar kawasan hutan agar mampu menjaga, melindungi dan memanfaatkan sumberdaya hutan untuk pembangunan desa secara mandiri.

     Disela-sela sosialisasi tersebut, Menhut secara simbolis memberikan Pinjaman HTR PenyaluranTahap II kepada Koperasi Bacan Lippu Mandiri, menyerahkan bantuan permodalan kepada 7 Kelompok Tani KBR dan 3 Kelompok Tani penerima Bantuan Layanan Umum (BLU). Bantuan permodalan KBR tersebut agar masyarakat mampu menyediakan bibit sendiri dalam membangun hutannya.

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013