Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk menandai dimulainya pembangunan sekolah bertaraf internasional di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, Rabu.

Sekolah bernama Nusantara Intercultural School itu dibangun oleh Jakarta Intercultural School (JIS), jaringan sekolah internasional swasta asal Jakarta.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini 'groundbreaking' Nusantara Intercultural School NIS secara resmi saya nyatakan dimulai," kata Presiden Jokowi saat meresmikan groundbreaking proyek sekolah internasional di kawasan IKN, Kalimantan Timur, seperti disaksikan dalam video dari Jakarta, Rabu.

Presiden Jokowi menceritakan bahwa pertanyaan yang paling banyak diajukan oleh calon penduduk Kota Nusantara adalah sekolah untuk anak mereka.

Menurut Presiden, calon penduduk bersedia dan siap pindah ke IKN, hanya saja mempertanyakan bagaimana kualitas sekolah di IKN.

Dengan dimulainya pembangunan sekolah tersebut, Presiden Jokowi meminta agar para ASN maupun calon penduduk yang akan menghuni Kota Nusantara tidak lagi ragu-ragu untuk pindah ke IKN.

"Pak, saya mau pindah. Pak, saya akan pindah, tapi anak saya, sekolahnya dimana? Sekolahnya kualitasnya seperti apa? Hari ini kita mendapatkan jawaban, sekolahnya ada, yaitu di Nusantara Intercultural School yang akan dibangun oleh JIS dari Jakarta. Sudah ada jawabannya, jadi yang mau pindah jangan ragu-ragu lagi," kata Presiden.

Kepala Negara juga mengapresiasi JIS yang membangun sekolah internasional pertama di IKN.

Jokowi juga menilai kehadiran JIS di IKN menunjukkan keseriusan dan komitmen pemerintah untuk menyediakan berbagai fasilitas pendukung Ibu Kota Nusantara, termasuk menghadirkan lembaga pendidikan bertaraf internasional yang berkualitas dunia.

Presiden juga berharap JIS dapat menyelenggarakan pendidikan berkelas dunia di IKN, mempromosikan pendidikan global berkelas tinggi di Nusantara dan memberikan pilihan pendidikan yang bermutu bagi warga IKN yang berasal dari berbagai daerah, berbagai negara dan berbagai latar belakang.

Baca juga: Presiden Jokowi: Masyarakat bisa dapat layanan kesehatan unggul di IKN
Baca juga: Bandara IKN dibangun di atas HPL Badan Bank Tanah
Baca juga: Presiden resmikan "groundbreaking" pembangunan hotel-mal di IKN

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023