Pemadaman pada malam hari setelah maghrib, bahkan sampai jam 02.00 malam. Kami berjibaku dibantu ekskavator menggali sumber api, lalu disemprot. Begitu cara kerjanya
Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melaporkan dari hari keempat kebakaran yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalupang, tim gabungan menggunakan alat berat untuk membantu pemadaman.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karawang Mahpudi pada keterangannya diikuti daring di Jakarta, Rabu, mengatakan ketinggian sampah di lokasi kebakaran mencapai 10-15 meter.

"Tingginya suhu udara, kemudian fenomena keluarnya gas dari timbunan sampah sendiri karena titik-titik api sporadis. Jadi kami berupaya melakukan pemadaman dari pinggiran dibantu ekskavator," ujar Mahpudi.

Mahpudi mengatakan pemadaman dilakukan pada malam hari karena lebih efektif untuk melihat titik api yang menyala dan mempertimbangkan keselamatan personel pemadam kebakaran. Kondisi di lapangan saat ini hanya sterilisasi wilayah, sekaligus pemadaman api.

"Pemadaman pada malam hari setelah maghrib, bahkan sampai jam 02.00 malam. Kami berjibaku dibantu ekskavator menggali sumber api, lalu disemprot. Begitu cara kerjanya," ujar Mahpudi.

Baca juga: BPBD tangani kebakaran di TPA sampah Jalupang Karawang

Dia melaporkan saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang mencari lokasi alternatif untuk menampung sampah, sembari menunggu lokasi TPA Jalupang sepenuhnya padam. Jumlah sampah yang saat ini perlu penanganan di Kabupaten Karawang sekitar 1.200 ton.

Menurutnya, ada dua hal yang menjadi fokus Pemkab Karawang yakni penimbunan sampah baru dan upaya pemadaman TPA Jalupang sembari menunggu turun hujan.

Dari dua hal tersebut, lanjutnya, pemadaman dilakukan dengan menimbun titik api dengan sampah basah yang membuat sumber api tidak menyala dan kepulan asap sudah memutih.

TPA Jalupang mengalami kebakaran pada Sabtu (28/10). Kebakaran tersebut menghanguskan 10 hektare lahan pembuangan sampah di TPA tersebut. Tim gabungan sempat kesulitan memadamkan api karena minimnya alat berat yang tersedia.

Kebakaran ini mengakibatkan dampak kabut asap yang menyebar ke empat desa sekitar lokasi yakni Wancimekar, Pangulah Utara, Pucung, dan Pangulah Baru.

Baca juga: BPBD: Empat desa di Karawang terdampak kebakaran TPA Jalupang
Baca juga: BPBD Karawang: Kebakaran TPA Jalupang sebabkan dampak kesehatan

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023